Rancangan Business Model Canvas untuk Lembaga Pelatihan Kerja Bidang Instruktur

Efri Syamsul Bahri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Entoh Tohani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) memiliki peran strategis dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten, khususnya instruktur sebagai penggerak utama proses pelatihan. Dalam menghadapi dinamika pasar kerja dan perkembangan teknologi, LPK dituntut untuk memiliki model bisnis yang inovatif dan adaptif. Penelitian ini mengkaji rancangan Business Model Canvas (BMC) yang diterapkan pada LPK di bidang instruktur. Dengan metode kualitatif dan pendekatan studi literatur dan analisis deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi sembilan elemen utama BMC: Segmen Pelanggan, Proposisi Nilai, Saluran, Hubungan Pelanggan, Arus Pendapatan, Sumber Daya Utama, Aktivitas Utama, Mitra Utama, dan Struktur Biaya.  Rancangan ini diharapkan dapat membantu LPK mengidentifikasi peluang strategis dalam meningkatkan nilai layanan, memperluas jangkauan pelanggan, dan mengelola sumber daya secara efisien. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan BMC dapat membantu LPK dalam menyusun strategi yang sesuai dengan kebutuhan industri, seperti pelatihan berbasis kompetensi, pengembangan kurikulum yang relevan, dan kolaborasi dengan mitra strategis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi LPK dalam meningkatkan daya saing serta mendukung upaya mencetak instruktur berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Keywords


Business Model Canvas; Lembaga Pelatihan Kerja: Instruktur; Studi Literatur; Kualitatif.

References


Ahyad. (2022). Komunikasi Interpersonal Instruktur Pada Bogor Dance Studio. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 08–12. https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i2.160.

Aji, Z. M., Yusop, N. I., Dahari, R., & Mohd, H. (2018). Business Model Canvas for Smart Tailor Platform. Knowledge Management International Conference (KMICe), July, 324–329.

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis) (Vol. 1).

Ali, M., Triyono, B., & Koehler, T. (2020). Evaluation of Indonesian Technical and Vocational Education in Addressing the Gap in Job Skills Required by Industry. 2020 the Third International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering (ICVEE). https://doi.org/10.1109/ICVEE50212.2020.9243222

Ardi, I., Rahmat Pramudia, J., & Hasanah, V. R. (2023). Analysis of Link and Match Policy Implementation on Human Resource Development in Non-Formal Education. Jurnal Scientia, 12(2), 2023. http://infor.seaninstitute.org/index.php

Arum, D. S., Retnowati, E., Masnawati, E., Mardikaningsih, R., Zakki, M., Darmawan, D., Dirgantara, F., Wibowo, A. S., Terubus, Saktiawan, P., & Universitas. (2024). Penerapan Business Model Canvas (BMC) dalam Meningkatkan UMKM Pengrajin Tas di Tanggulangain Sidoarjo. Economic Xenization Abdi Masyarakat (EXAM), 2(2), 13–21.

Azzahra, A. Y., Dwiyono, Y., Winarti, H. T., & Mustangin, M. (2023). Peran Instruktur Dalam Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Pendidikan Nonformal Di LPK Cahaya Bayu. Jurnal Pendidikan Nonformal, 18(2), 71. https://doi.org/10.17977/um041v18i22023p71-79.

Bahri, E. S. (2024). Overview of the Instructor Professional Certification Scheme. Journal of Multi-Disciplines Science (Icecomb), 2(1), 7–13. https://doi.org/10.59921/icecomb.v2i1.24

Bamel, N., Kumar, S., Bamel, U., Lim, W. M., & Sureka, R. (2024). The state of the art of innovation management: insights from a retrospective review of the European Journal of Innovation Management. European Journal of Innovation Management, 27(3), 825–850. https://doi.org/10.1108/EJIM-07-2022-0361

Bartin, T. (2019). Strengthening The Role of Private Training Institutions for The Preparation of Skilled and Professional Workers. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 293(Nfeic 2018), 130–136. https://doi.org/10.2991/nfeic-18.2019.28

Pedoman BNSP 302 - Pedoman Penerbitan Sertifikasi Kompetensi, 1 (2013).

Carolina, L. P. (2018). Strategi Peningkatan Kesempatan Kerja Berbasis Potensi Wilayah. Jurnal Ecodunamika, 1(2), 1–25. https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1593.

Cho, T.-S., Lung, Y.-C., Jwo, D.-J., & Ahmad, H. (2023). MOOCS Business Model Innovation in Indonesian Perspective: Comparison of IndonesiaX and HarukaEdu. The International Journal of Organizational Innovation, 16(2), 2023–1329. https://www.ijoi-online.org

Damanik, C. T., Enjelina, Simbolon, R., & Turnip, H. (2016). Pentingnya Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humanior, 1(4), 1–23. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/86.

Darmawan, B., Dwiyanti, V., Okitasari, H., Rahman, A. Z., & Sadida, H. M. (2021). Penguatan Penyiapan Kompetensi Lulusan Smk Teknik Logistik Yang Dibutuhkan Industri Logistik. Lentera Karya Edukasi, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.17509/lekaedu.v1i2.35943.

Dewi, A. A. (2023). Peran Instruktur dalam Transfer of Skill pada Peserta Magang. Foundasia, 14(1), 14–26. https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i1.59097.

Fakieh, B., Al-Malaise Al-Ghamdi, A. S., & Ragab, M. (2022). The Effect of Utilizing Business Model Canvas on the Satisfaction of Operating Electronic Business. Complexity, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/1649160

Fristianingroem, D. A. (2022). Life Skill Education at Course Institutions at Tegal and Its Challenges in 21st Century Era. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i1.3143.

Fritscher, B., & Pigneur, Y. (2014). Visualizing business model evolution with the Business Model Canvas: Concept and tool. Proceedings - 16th IEEE Conference on Business Informatics, CBI 2014, 1, 151–158. https://doi.org/10.1109/CBI.2014.9

Hamidah, N., & Yasrizal. (2024). Peran LPK dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja di Kota Bontang (Studi Kasus di LPK BBEC Bontang). LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2b), 727–732. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2b.2828

Pedoman Standar Layanan PT. Eleska Hatekdis, (2022).

Helmiyana, Z. (2017). Peran Instruktur terhadap Peningkatan Kemampuan Berkendara di Lembaga Kursus dan Pelatihan Profit Kabupaten Bondowoso Tahun 2015. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2015, 39–41.

Indarthi, A. W., Malik, A., & Siswanto, Y. (2023). Desain Pelatihan Tata Boga di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pemalang. Jendela PLS, 8(1), 70–86. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.7390.

Peraturan Menteri Tenaga kerja dan transmigrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2013, (2013).

SKKNI Nomor 333 Tahun 2020 Bidang Standarisasi, pelatihan Kerja dan Sertifikasi, (2020).

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pelatihan Kerja dan Sertifikasi, (2021). https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/permen_03_2016.pdf

Khotimah, K., & Ula, D. M. (2023). Penerapan Reformasi Birokrasi dalam Perspektif Agile Governance (Studi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(11), 40–50. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v5i1.6020.

Kusumantoro, K., Mulyono, K. B., Rahman, M. F., & Daud, N. M. (2023). Development of innovative e-module on team-based method to improve collaboration skills. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(2), 231–245. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i2.23269

Malik, R. R., & Ilma, R. Z. (2024). Analisa Peran Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Di BPVP Bandung Barat). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 7, 815–821. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.602.

Mubarok, R. (2024). Strategi Pengembangan Manajemen Diklat dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 02(02), 127–138. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/134.

Novianti, Y. D., Nopianti, H., Himawati, I. P., & Bengkulu, U. (2024). Peran Komunitas Mitra Masyarakat Inklusif (MMI) Dalam Peningkatan Wirausaha Penyandang Disabilitas di Kota Bengkulu. Junral Sosiologi USK: Media Pemikiran & Aplikasi, 18(2), 119–133. https://doi.org/10.24815.jsu.v18i2.40747.

Nur’aini, S., Nazla, L., Agustina, R. S., Hanapiah, S. N., & Marlina, L. (2023). Transformasi Era Digital: Peluang Menggali Pekerjaan Dan Tantangan Terhadap Meningkatnya Pengangguran. Journal of Economics and Business, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.61994/econis.v1i2.149.

Nur, S., Wahyuni, N., Hamsiah, A., Husnita, L., Nurlina, Faizin, Wahyuni, Y. S., Damayanti, M., Jirana, Rahman, S. R., Nurhasanah, S., Sainab, Asmara, A., Yusron, A., Istanti, H. N., Nazmi, R., Sutopo, & Genua, V. (2024). Profesi Keguruan di Indonesia. Mafy Media Literasi Indonesia.

Nuraeni, Y. (2019). Peran Lembaga Pelatihan Kerja Swasta Dalam Meningkatkan Peluang Masyarakat Memasuki Dunia Usaha & Dunia Industri. Prosiding PKM-CSR, 2, 1341–1347.

Nuraeni, Y., Nasution, F., & Nuzula, F. (2022). Readiness of Job Training Institutions and Labor Market Information Systems for Implementation of the Job Loss Guarantee Program. ICE-BEES 2021. https://doi.org/10.4108/eai.27-7-2021.2316849

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. John Wiley & Sons, Inc.

Padmavati, A., & Pradana, E. C. (2023). Implementasi Sertifikasi Kompetensi Kerja Bidang Pariwisata dalam Upaya Menanggulangi Tingkat Pengangguran. Education: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 66–76. https://doi.org/10.51903/education.v3i2.335.

Pamungkas, A. H. (2023). Problems, Challenges, Dynamics and Supervision Innovation on Nonformal Education In Indonesia. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 265. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i2.123259

Permenaker. (2014). Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 8 tahun 2014. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, VII(8), 1–69. https://indolabourdatabase.files.wordpress.com/2018/03/permenaker-no-8-tahun-2010-tentang-apd.pdf

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3780.

Putri, S. Y. (2018). Upaya Pemerintah Indonesia di Era Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam Meningkatkan Daya Saing Sektor Ketenagakerjaan. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 35, 19–33.

Rachman, D., Nisrina, A. D., Salam, F., & Baehaki. (2024). Analisis Hambatan Penerapan Teknologi Modern Terhadap Lembaga Kursus Dan Pelatihan : Studi Kasus Pendidikan Non. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2024, 208–217.

Rahayu, A. P., Nisak, H. K., Wahib, A., & Besari, A. (2024). Inovasi Metode Pembelajaran Kolaboratif di Era digital: Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta Magetan: Innovation of Collaborative Learning Methods in the Digital Era: Case Study of Magetan Private Colleges. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 368–379. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.

Reza, K. M. F., & Noviansyah, K. (2024). Strategi Bisnis Startup melalui Business Model Canvas: Studi Kasus Gojek dan Airbnb. JCI: Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(5), 1727–1738. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v3i5.7423

Rochmawati, R., Mustiningsih, M., Ubaidilah, A. F., Benty, D. D. N., Purbaningrum, H. D., Purwanto, M. H., Lestari, A. D., Satria, S. W. E., & Putra, A. H. S. (2023). Self-Paced Learning Model Based on BMC for Edu-Project Entrepreneurship in Higher Education. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 30(2), 74. https://doi.org/10.17977/um047v30i22023p74-81

Rusmana, D. (2024). Kebijakan Pemerintah Tentang Kelengkapan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Perlindungan Hukumnya Bagi TKI Informal yang akan Keluar Negeri. Journal Evidence Of Law, 3(3), 385–406. https://doi.org/10.59066/jel.v3i3.899.

Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.24014/ijiem.v3i1.9095.

Saputra, O., & Lisiswanti, R. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran. Jurnal Kedokteran, 5(9), 104–109. https://doi.org/10.1063/1.4885046

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107.

Sirait, E., Tandafatu, N. K., Novilia, F., Prihadi, D. J., & Prilosadoso, B. H. (2021). Analisis Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Penetapan Strategi Pada UMKM di Industri Pariwisata (Studi Pada Alam Batik, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan). El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(10), 4374–4384. https://doi.org/DOI: 1047467/elmal.v5i10.5452

Sulila, H., Badu, S. Q., Djafri, N., & Nina Lamatenggo. (2023). Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Manajerial guru.

Sultan, M. (2022). Kolaborasi Stakeholder’s Dalam Penyelenggaraan Corporate University Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 3(2), 81–94. https://doi.org/10.56259/jwi.v3i2.135

Susilowati, R. (2023). Partnership Strategy of Course and Training Institutions in Guaranteing the Quality of Education with the World of Work Industry: A Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 1316–1322. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6020

Sutarna, A., Bahri, E. S., Wiharjo, S. M., & Aslam, M. M. B. M. (2023). Review of the Formulation of the Professional Certification Scheme. International Journal of Science Education and Cultural Studies, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.58291/ijsecs.v2i2.131.

Sutrisno, W. (2019). Analysis of provider training business model development based on canvas business model approach. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 673(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/673/1/012087

Thayeb, E., & Santosa, B. (2021). Pengaruh Sertifikasi Kompetensi, Intensitas Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionlitas Instruktur Balai Latihan Kerja. Taman Vokasi, 9(2), 167–177. https://doi.org/10.30738/jtvok.v9i2.10294

Ubihatun, R., Aliyya, A. I., Wira, F., Ardhelia, V. I., & Radianto, D. O. (2024). Tantangan dan Prospek Pendidikan Vokasi di Era Digital: Tinjauan Literatur. Jurnal Kajian Ilmu Seni,Media Dan Desain, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.62383/abstrak.v1i2.118.

Wardana, B. E. (2023). Implementation of Learning Management Training Program at PT LPK Jamiatul Indonesia Edutech Certification in Improving Work Quality. International Journal of Applied Economics, Acounting and Management(IJAEAM), 1(1), 1–16. https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/978-3-030-10576-1_248.pdf

Wicaksono, I. (2023). Mengoptimalkan kualitas program pelatihan mekanik alat berat melalui metode QFD dan perancangan Business Model Canvas: Studi kasus LPK PT. IMPP Balikpapan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2151–2166. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5246/http

Wijayanti, N., & Hidayat, H. H. (2020). Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2), 114–121. https://doi.org/10.30997/jah.v6i2.2631

Zebua, R. S. Y., Hendriyani, C., Sukmadewi, R., Thaha, A. R., Tahir, R., Purbasari, R., Novel, N. J. A., Dewintari, P., Paramita, C. C. P., Hierdawati, T., & Subagja, A. D. (2018). Bisnis Digital (Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan). Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i1.79712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats