MODEL BAHAN AJAR MULOK BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SD

Abdul Muktadir, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bahan ajar muatan lokal (mulok) berbasis cerita rakyat untuk pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Borg dan Gall. Tahapan yang dilakukan meliputi studi pendahuluan, penyusunan draft, penilaian pakar dan pengguna, dan uji lapangan. Penilaian dari pakar dan pengguna menunjukkan bahwa bahan ajar mulok berbasis cerita rakyat memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian kelayakan difokuskan pada empat komponen, yaitu isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan, dengan persentase rata-rata sebesar 78,91%. Efektivitas didasarkan pada nilai hasil uji coba lapangan dengan mengacu pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran mulok, yakni 65. Nilai hasil uji coba lapangan mencapai rata-rata 71,74 dengan ketuntasan sekolah secara klasikal. Capaian nilai rata-rata siswa yang lebih tinggi dari nilai KKM menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikem­ bangkan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mulok.

Kata kunci: efektivitas, bahan ajar mulok, cerita rakyat, pendidikan karakter

 

A MODEL OF LOCAL CONTENT LEARNING MATERIALS BASED ON FOLKLORES FOR CHARACTER EDUCATION AT ELEMENTARY SCHOOLS

Abstract

This study aimed to design a model of local content learning materials based on folklores for character education. This was a research and development study using Borg and Gall’s model. The steps were a preliminary study, draft designing, expert and user assessments, and a field tryout. The results of expert and user assessments showed that the developed materials satisfied the appropriateness criteria. The appropriateness assessments were focused on four components, namely content, language, presentation, and graphics, of which the average was 78.91%. The effectiveness was based on the mean score from the field tryout by referring to the minimum mastery criterion (MMC) for a local content subject, namely 65. The result of the field tryout was indicated by a mean score of 71.74 for the school mastery as a whole. The students’ average achievement which was higher than the MMC indicated that the learning materials were effective so that they were appropriate for use in the local content learning process.

Keywords: effectiveness, local content learning materials, folklores, character education


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Banda, Dennis & W.J. Morgan. 2013. “Folklore­ as an Instrumen of Education Among the Chewa People of Zambia.” Int Rev Educ. DOI 10.1007/s11159-013-9353-5. 22 May 2013.

Bassano, Mary. dkk. 2015. Terapi Musik & Warna. Cara Dasyat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia. Yogjakarta: Araska.

Borg, Walter R. Meredith D. Gall. 1983. Fourth Edition Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Cambell, Linda. dkk. 2002. Multiple Intel­ ligences, Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. (Alih Bahasa: Tim Inisiasi). Depok: Inisiasi Pers.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dorji, Tshering Cigay. “Preserving our Folk­ tales, Myths and Legends in the Digital Era. Journal of Bhutan Studies.” 2007. Endaswara, Suwardi. 2013. Pendidikan Karakter dalam Folkolor Konsep, Bentuk, dan Model. Yogyakarta. Rumah Suluh.

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Kete­rampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Gopal, Ravi. “Indigenous Environmental Knowledge in Formal Education”. Jurnal Penyelidikan MPBL, Jilid 6. 2005.

Hikmah, Noor & Marliana. Dinamika Ilmu, “Pendidikan Berbasis Muatan Lokal sebagai Sub Komponen Kurikulum” Marliana dan Noor Hikmah.” Vol.13 No. 1, hlm 105-119, Juni 2013. Joshua, Usman. et.al. “Folktales as Material Resources for Movie Production in Selected Nollywood Movies.” Academic Journals. Vol. 4 (5). pp. 236-241. July. 2013.

Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pengem­ bangan Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjenpendas.

Kemendikbud Dirjendikdas. 2014. Kuri­kulum­ 2013 untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Dirjendikdas.

Kemendikbud Dirjendikdas. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Dirjendikdas.

Mukhyati & Siti Sriyati. 2015 Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Lingkungan Berbasis Realitas Lokal dan Literasi Lingkungan. Proceding, Seminar Nasi­ onal­. Surakarta: FKIP UNS.

Muktadir, Abdul. Oktober. “Pengembangan Model Mata Pelajaran Mulok Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Siswa di SD Provinsi Beng­ kulu”. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun IV, No. 3. H. 318-331. Tahun 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebu­ dayaan Indonesia Nomor 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tyra, Courttney. “Bringing Books to Life: Teaching Character Education through Children’s Literature.” Rising Tide.Volume 5.

Purwanti, Elly. Jurnal Pemiiran dan Pengem­ bangan SD, “Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah dalam Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal.” Jilid 1, Nomor 1, hlm. 15-21, April 2013.

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosda­ karya.

Stokes, Suzanne. Elektronic Journal for the Integration of Technology in Education. “Visual Literacy in Teaching and Lear­ ning: A Literature Perspective.” Vol.1 No. 1. H. 10-19. Tahun 2012.

Suroso, 2010. Smart Brain, Metode Menghafal Cepat dan Meningkatkan Ketajaman Memori. Surabaya: SIC.

Tarigan, Djago. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tomlinson, Brian. (ed.). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cam­ bridge University Press, 1998.




DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                               

 

__________________________________________________________________________________________________

 

Litera Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter