PERBEDAAN NILAI SOSIAL PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN NON OLAHRAGA DI SMA TAMAN BHAKTI MADIUN
Enggawati Nur Fitri, SDN Dolopo 2 Kabupaten Madiun, Indonesia
Sugeng Setia Nugroho, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilandasi latar belakang masih ada peserta didik yang mengikuti olahraga menunjukkan nilai sosial yang kurang baik sedangkan ekstrakurikuler non olahraga cenderung menunjukkan nilai sosial yang baik dengan disiplin dan mempersiapkan kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti ektrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga di SMA Taman Bhakti Madiun. Penelitian ini menggunakan metode survey. Subjek nya adalah peserta ekstrakurikuler di SMA Taman Bhakti Madiun. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov Z, menggunakan uji homogenitas uji F dan menggunakan uji beda dengan uji-t untuk pengujian hipotesis dengan taraf sig. 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dengan analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: “Ada perbedaan yang antara nilai-nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga”. Secara lebih terperinci perbedaan tersebut dapat dilihat dari perbedaan rerata atau mean. Rerata nilai-nilai sosial peserta didik yang mengikuti ektrakurikuler olahraga sebesar 132.78, dan Rerata nilai-nilai sosial peserta didik yang mengikuti ektrakurikuler non olahraga sebesar 128.38.
DIFFERENCES IN SOCIAL VALUES OF SPORTS AND NON-SPORTS EXTRACURRICULAR STUDENTS AT TAMAN BHAKTI MADIUN HIGH SCHOOL
Abstracts
This research is based on the background that there are still students who take part in sports who show poor social values, while non-sports extracurriculars tend to show good social values by being disciplined and preparing for activities. The aim of this research is to determine the differences in social values between students who take part in sports extracurriculars and students who take part in non-sports extracurriculars at SMA Taman Bhakti Madiun. This research uses a survey method. The subjects were extracurricular participants at SMA Taman Bhakti Madiun. The instrument used in this research was a questionnaire. The data analysis technique uses the Kolmogorov-Smirnov Z normality test, uses the F test homogeneity test and uses the difference test with the t-test for hypothesis testing with a sig level. 5%. Based on the research results obtained by data analysis and hypothesis testing, it can be concluded that: "There is a difference between the social values of students who take part in sports extracurriculars and students who take part in non-sports extracurriculars." In more detail, these differences can be seen from the mean differences. The average social values of students who take part in sports extracurriculars are 132.78, and the average social values of students who take part in non-sports extracurriculars are 128.38.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press
Hernawan Asep Herry et al. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pratama Bagas Sakti. (2012). Perbedaan Sikap Sosial antara Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olaharaga dan Siswa yang tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Negeri 3 Sentolo. Skripsi: UNY.
Basrowi. (2005).Pengatar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia
Permana Benny Criya. (2015). Perbedaan nilai sosial peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan non olahraga di SMAN 3 Yogyakarta. Skripsi:UNY
Direktorat Pembinaaan SMA. (2010). Juknis Penyususnan Program
Pengembangan Diri melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA. Jakarta:
Kemendikbud.
Durkheim Emile . (2011). The Elementary Forms of The Religious Life, terj, Yogyakarta: IRCiSoD
Purnomo Eko Dwi. (2016). Perbedaan nilai-nilai sosial peserta didik yang mengikuti ektrakurikuler olahraga dan non olahraga di SMAN 1 Imogiri Skripsi:UNY
Gerungan. (1988). Psikologi Sosial. Bandung: PT Eresco
Hermanto. (2000). Ekstrakurikuler di Sekolah. Jakarta: Sinergi
Muin Idianto. (2006). Sosiologi SMA/MA Jilid 1 untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud.(2013). Permendikbud no 81 A tentang Implementasi Kurikulum.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kimball Young. (2008). Sosiology and Sosial Life, (American Book Company, New York,), 1959
Komaruddin. (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Kun Maryati & Juju Suryawati. (2006). Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Lutan, Rusli. (2000). Interaksi Kegiatan Intrakurikuler, kokulikuler dan ekstrakurikuler. Bandung: Depdikbud
Megawangi, (2009). Pendidikan Karakter. Depok: Indonesia Heritage Foundation (IHF).
Ali Muhammad & Muhammad Asrori. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurgiantoro. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa (Berbasisis Kompetensi). Yogyakarta:BPFE
Sorokin Pitirim. (2011). Existential phenomenology and sociology Pitirim Sorikin. Journal sociology and social anthropology.
DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v30i1.74139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.