TANTANGAN DAN KOMPETENSI GURU SMK ABAD 21
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada guru SMK agar mereka menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan dimasa depan. Guru SMK menghadapi tantangan untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja dan mengembangkan keprofesian sebagai guru secara berkelanjutan. Tantangan yang dihadapi guru SMK dapat diprediksi dari arah kebijakan pemerintah dan arah perkembangan teknologi. Di masa depan, pemerintah mengharapkan agar SMK: (a) memiliki daya saing regional maupun internasional; (b) menjadi kluster industri kecil dan menengah; (c) menjadi penopang pembangunan ekonomi daerah di wilayahnya masing-masing, dan (d) menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pengusaha di industri kreatif. Arah perkembangan teknologi dimasa depan antara lain: pengoperasian alat berteknologi tinggi menggunakan komputer dan teknologi pembelajaran berbasis media digital. Kemampuan guru SMK yang perlu disiapkan untuk menghadapi tantangan tersebut antara lain: (a) menguasai pengetahuan dan keterampilan baru yang berbasis teknologi digital (digital age literacy); (b) mau bekerja atau berfikir keras (inventive thinking) dalam mengikuti perubahan; (c) mampu menyampaikan/ menerima ide atau gagasan secara tertulis dan lisan kepada/dari orang lain (effective communication); dan (d) mampu menghasilkan banyak karya yang relevan dan bermutu (high productivity). Dengan berbekal kemampuan tersebut, tantangan-tantangan guru di masa depan akan mudah dihadapi guru SMK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.