Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn
Abdul Gafur, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achivement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument, observasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif untuk motivasi belajar serta angket dan kuantitatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 17,6%, kemudian bertambah menjadi 20,6% pada siklus 1, kemudian pada siklus kedua bertambah menjadi 58,8% dan di akhir siklus menjadi 91,2%. Sedangkan dalam hasil belajar, pada tes awal belum ada atau (0%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu telah meraih nilai 75 ke atas, setelah tindakan siklus pertama ada peningkatan 47,1% siswa.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD FULL PAPERReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian tindakan, untuk guru, kepala sekolah & pengawas, Yogyakarta: Aditya Media.
Arends, R.L., & Kilcher, A. (2010).Teaching for student learning (Becoming an accomplished teacher). New York: Routledge Ratlor.
Azwar, Saifudin. (2010).Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: UNY Press.
Elliot, S.N., Kratochwill, T.R & Cook, J.L. (2000).Educational Ssychology: Effective teaching, Effective learning (3th ed). New York: McGraw Hill.
Hakim, Thursan. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta. Puspa Swara.
Kemmis, S. & Mc Taggart, R.,. (1988). The action research planer. 3rd ed. Victoria.Deakin University.
Lutfi, M. & Hamidi, J. (2010) Civic education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Marsh,C. (2010). Becoming a teacher. Australia: an imprint of pearson educational.https://books.google.co.id/books
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin R.E (1995).Cooperative learning: theory, research, and practice (2nded). Boston. MA:Simon&Schuster.
Sudikin, dkk.(2010). Manajemen penelitia tindakan kelas, Insan Cendekia.
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats