Analisis model pembelajaran ARIAS dalam seting berbagai tipe kolaboratif bagi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran MBS di PGSD FIP UNIMED
Ease Arent, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar sebelum dan setelah diterapkan model ARIAS dalam setting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran. (2) implementasi model ARIAS dalam seting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran, memberi pengaruh yang berlainan terhadap peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran perencanaan pengajaran PGSD FIP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa PGSD semester VI sebanyak 7 rombongan belajar. Dari teknik samplingnya diambil kelas A Reg dan C Eks dan menjadi unit sampel sebanyak 60 orang. Mahasiswa regular maupun ekstensi adalah sama-sama menunjukkan peningkatan motivasi belajar atas model ARIAS melalui pembelajaran kolaboratif tipe TS-TS, TPS, PC, dan CS yang di aktualisasi dalam melakukan aktivitas belajar dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran. Akan tetapi intensitasnya dalam perilaku belajar berbeda yaitu lebih aktif mahasiswa regular dibandingkan mahasiswa ekstensi dalam pembelajaran perencanaan pengajaran.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD FULL PAPERReferences
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Dimyati, dkk (2002). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Purwanto, M. N. (1996). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Syah, M. (2004). Psikologi belajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sardiman. (2011). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sagala, S. (2003). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta: Bandung.
Soemanto, W. (1983). Psikologi pendidikan. Rineka Cipta: Malang.
Saw, M. (1979). Group dynamics: The psychology of small group behavior. Mc Graw Hill: New Delhi.
Syarif, K. dkk. (2016) Perkembangan peserta didik: Bahan Kuliah MKDK UNIMED. University Press: Medan.
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Efendi Manalu dan Ease Arent
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats