Modal Sosial dan Strategi Kelangsungan Usaha Sektor Informal Pedagang Kaki Lima pada Era Pandemi COVID-19
Nurhadi Nurhadi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
Abdul Rahman, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
Download PDFReferences
Abdullah, S. (2013). Potensi dan Kekuatan Modal Sosial dalam Suatu Komunitas. SOCIUS : Jurnal Sosiologi, XII, 15–21.
Azhari, F., & Mawardi, M. K. (2018). Peran Modal Sosial dalam Pengembangan Jaringan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus pada Rumah Makan Padang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 59(1), 26. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Badan Pusat Statistik (BPS). (2020a). Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/2020/09/15/9efe2fbda7d674c09ffd0978/analisis-hasil-survei-dampak-covid-19-terhadap-pelaku-usaha.html
Badan Pusat Statistik (BPS). (2020b). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 Jawa Tengah 2020. Retrieved from https://jateng.bps.go.id/publication/2020/06/15/b4cbdd83e2e10d1cc4c6757c/hasil-survei-sosial-demografi-dampak-covid-19-jawa-tengah-2020.html
Bukhari. (2017). Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Jaringan Sosial: Suatu Analisi Sosiologi. Jurnal Sosiologi USK, 11(1), 76–88. https://doi.org/10.24815/jsu
Fathy, R. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1–17.
Field, J. (2010). Modal Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Fitriawati, E. (2010). Modal Sosial dalam Strategi Industri Kecil. DIMENSIA, 4(1), 23–40.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45
Handayani, B. L. (2019). Memperkuat Modal Sosial Perempuan dalam Menghadapi Bencana. Journal of Urban Sociology, 1(1), 16. https://doi.org/10.30742/jus.v1i1.561
Handoyo, E. (2013). Kontribusi Modal Sosial dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Kaki Lima Pascarelokasi. Jurnal Komunitas, 5(2), 252–266.
International Labour Organization (ILO). (2020). Krisis Covid-19 dan Sektor Informal: Respon Langsung dan Tantangan Langsung. Retrieved from https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_744424.pdf
Istifhama, L. (2017). Strategi Bertahan Dan Modal Sosial Pedagang Pasar Tradisional Swasta Dalam Perspektif Ekonomi Islam. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 8(1), 32. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v8i1.1492
Mahendra, S. (2015). Keterkaitan Modal Sosial dengan Strategi Kelangsungan Usaha Pedagang Informal di Kawasan Waduk Mulur. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(2), 10–30.
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–137. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
Nurhadiyono, Purwanto, A., & Tumengkol, S. M. (2019). Modal Sosial dan Keberlangsungan Usaha Pedagang Sayuran di Pasar Bersehati Manado. HOLISTIK Journal of Social and Culture, 12(4), 1–20.
Pandamsari, A. P., & Alvionita, L. (2020). Strategi PKL Merayu Pembeli di Masa Normal Baru. Retrieved from https://lokadata.id/artikel/strategi-pkl-merayu-pembeli-di-masa-normal-baru
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895
Purbawati, C., Hidayah, L. N., & Markhamah, M. (2020). Dampak Social Distancing Terhadap Kesejahteraan Pedagang Di Pasar Tradisional Kartasura Pada Era Pandemi Korona. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummaniora, 4(2), 156. https://doi.org/10.31604/jim.v4i2.2020.156-164
Samuda, S. (2017). Barifola Sebagai Modal Sosial dan Instrumentasi Masyarakat Tangguh Bencana. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(2), 109–118.
Syafitri, A., & Sudarwati, L. (2015). Pemanfaatan Modal Sosial Dalam Sektor Perdagangan. Jurnal Perspektif Sosiologi, 3(1), 1–17.
Tedjaningsih, T., & Sufyadi, D. (2020). Modal Sosial dan Keberlanjutan Usahatani Mendong. Mimbar Agribisnis, 6(2), 588–599.
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v17i2.35754
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tri Uswatun Hasanah, Nurhadi Nurhadi, Abdul Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats