Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan
Ristiana Dwi Lestari,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor Observasi Motivasi Belajar setelah dilakukan tindakan pada siklus I, skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 11,30% dari 73,67% menjadi 84,96% pada siklus II. Sedangkan pada angket terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,93% dari 70,50% di siklus I menjadi 80,43% di siklus II.
This study aims to increase the motivation to learn accounting through the application of the Think Pair Share (TPS) Cooperative Learning Model. This research is a Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The research subjects were students of class XI Accounting 3 SMK Muhammadiyah Wonosari 2018/2019 Academic Year. Data collection techniques were carried out by observation, questionnaires and documentation. The research instrument used is in the form of observation sheets and questionnaires. The data analysis technique used is descriptive quantitative data analysis with percentages which is carried out by calculating Accounting Learning Motivation scores, presenting data and drawing conclusions. The results showed that the application of the Think Pair Share Cooperative Learning Model could increase Accounting Learning Motivation as indicated by an increase in the percentage of Learning Motivation Observation scores after the action in the first cycle, the average score increased by 11.30% from 73.67%. to 84.96% in the second cycle. While in the questionnaire there was an increase from cycle I to cycle II by 9.93% from 70.50% in cycle I to 80.43% in cycle II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., & Wiharti. U. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian. 1(01). 66-72. Dari https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581/537
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara
Cahyaningsih, U. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. FE UNY
Fadilah, A. I., Munoto, & Nurlaela, L. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran (E-Learning Moodle, LKS) dan Motivas Terhadap Hasil Belajar Pengoperasian Perangkat Lunak Lembar Sebar di SMKN 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Vol. 02 (01). 12-19. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-avokasi-teori-dan-prak/article/view/8696. pada tanggal 27 Juli 2020.
Huda, M. (2014). Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan). Pustaka Pelajar.
Muchlis, M., Fahmi, I., & Krisanti, M. (2018). Strategi peningkatan penerapan metode pembelajaran e-learning pada program sarjana. Jurnal kependidikan. 2(1),141-152. Dari https://journal.uny.ac.id/in-dex.hp/jk/article/view/9578
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Supina. (2013). Penharuh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XC Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Skripsi. Universitas tanjungpura. Diambil dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3330 pada tanggal 9 Maret 2020
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal promosi: Jurnal pendidikan ekonomi UM Metro. Vol. 03 (01). 73-82.
Suprijono, A (2016) Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovativ-Progresif. Prenada Media Group.
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Wardiyah, M. L. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah. CV Pustaka Mulia
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v17i2.44002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Siswanto Siswanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats