Landasan Filosofis dan Teori Pendidikan Sejarah dalam Buku Teks Sejarah Kelas X Karya Ratna Hapsari dan M. Adil

Iis Husnul Hotimah, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Abstract


Artikel ini ditulis didasarkan pada buku teks yang memiliki fungsi sebagai sumber belajar siswa. Sehingga buku teks harus diformulasikan dengan berbagai macam teori khususnya teori pendidikan untuk buku teks sejarah. Dalam pembelajaran sejarah, buku teks bukan hanya berisi mengenai fakta-fakta atau penjelasan peristiwa, namun buku teks sejarah juga harus dikembangkan berdasarkan landasan filosofis dan teori pendidikan sejarah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur landasan filosofis dan teori pendidikan dari buku teks sejarah karya Ratna Hapsari dan M. Adil.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menguraikan data mengenai landasan filosofis dan teori pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan filosofis dari buku teks sejarah karya Ratna Hapsari dan M. Adil menggunakan aliran filsafat Progresivisme dan aliran filsafat Rekonstruksionisme, sementara teori yang digunakan dalam buku tersebut adalah Teori Kognitif dan Teori Konstruktivisme.

Kata Kunci: Landasan Filosofis, Teori Pembelajaran, Buku Teks Sejarah


Keywords


Landasan Filosofis, Teori Pembelajaran, Buku Teks Sejarah

Full Text:

PDF

References


Baharuddin & Wahyuni,N. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Collingwood, R.C. (2001). The principles of history . New York : Oxford University Press.

Darmawan, W. (2010). Analisis Historiografis Terhadap Buku-buku Teks Pelajaran Sejarah SMP dan SMA Tahun 1999-2004. Jurnal Pendidikan Setiabudhi. 1(2): 67-82

Darmawan, W. & Mulyana, A. (2017). Antara Sejarah dan Pendidikan Sejarah: Analisis terhadap Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. File Universitas Pendidikan Indonesia. P. 278-289.

Djumransjah, H.M. (2004). Pengantar filsafat pendidikan. Malang: Bayumedia Pub

Fadillah,M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Indonesia. jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 5: 17-24

Hamzah, dan Nurdin, M. (TT). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovativ, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Hapsari, R. & Adil, M. (2016). Sejarah Indonesia Kelas X untuk SMA dan MA. Jakarta: Erlangga

Muhmidayeli. (2011). filsafat pendidikan. Bandung : Refika Aditama

Murtaufiq,S. (2014). Telaah kritis aliran-aliran filsafat pendidikan. Jurnal Akademika. 8: 192-204

Sjamsuddin, H. (2000). Penulisan buku teks sejarah: kriteria dan permasalahannya. Historia, I (I). Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI

Soedjatmoko. (1995). Sejarawan Indonesia dan zamannya. Dalam Soedjamoko et.al. Jakarta : Gramedia

Sufairoh. (2016). Pendekatan saintifik & model pembelajaran K-13. dari jurnal Pendidikan Profesional. 5: 116-125

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v19i2.54288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iis Husnul Hotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats