Media buku bergambar materi pengenalan benda di sekitar untuk siswa taman kanak-kanak
Aran Handoko, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku bergambar materi pengenalan benda-benda di sekitar pada anak usia dini dan untuk mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan pada anak usia dini TK Bintang Kecil di Wirobrajan, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Dengan prosedur pengembangan Borg and Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiyono dengan langkah yang terdiri dari: a) analisis potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) pengembangan media, d) validasi media dan e) revisi media. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen wawancara dan angket. Validasi media dilakukan secara online oleh validator ahli bahasa, ahli media dan respon pengguna yaitu salah satu guru TK Bintang Kecil. Penilaian menggunakan data kualitatif dengan hasil akhir berupa data analisis deskriptif persentase. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini TK Bintang Kecil. Hasil penelitian berupa, 1) media pembelajaran berupa buku bergambar materi pengenalan benda-benda di sekitar untuk TK Bintang Kecil. 2) Penilaian kelayakan media buku bergambar materi pengenalan benda-benda di sekitar untuk TK Bintang Kecil. Berdasarkan hasil validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata skor persentase 100%, termasuk dalam kategori “sangat baik”, kemudian dari ahli media memperoleh rata-rata skor persentase 73,75%, termasuk dalam kategori “baik”, dan dari pendapat guru sebagai pengguna, memperoleh rata-rata skor persentase 98,6%, termasuk dalam kategori “sangat setuju”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media buku bergambar materi pengenalan benda-benda di sekitar untuk TK Bintang Kecil, Wirobrajan, Yogyakarta dinyatakan berhasil dan layak untuk digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Emzir, (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suyanto & Jihat, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Yulianti, Dwi (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak- kanak. Jakarta: PT Indeks.
DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.54741
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.54741.g19291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hendra Aulia Nugraha, Aran Handoko
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging
Our Journal has been Indexed by:
Supervised by: