Merawat budaya tradisional: cara guru SMP menerjemahkan kurikulum dengan target muatan seni rupa daerah setempat

Trie Hartiti Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta
Bambang Prihadi, Universitas Negeri Yogyakarta
Dwi Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konsep penerapan pembelajaran seni rupa tradisional di SMP/MTs di Kabupaten Bantul, (2) pengembangan persiapan pembelajaran seni rupa tradisional di SMP/MTs Kabupaten Bantul, (3) pelaksanaan pembelajaran seni rupa tradisional di SMP/MTs Kabupaten Bantul, dan pelaksanaan penilaian hasil belajar seni rupa tradisional di SMP/MTs Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru-guru yang tergabung dalam MGMP SMP/MTs Kabupaten Bantul. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, FGD, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis data interaktif menurut Miles & Huberman (1994) meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran seni rupa tradisional di SMP/MTs Kabupaten Bantul dilaksanakan dalam bentuk muatan lokal yang terintegrasi dengan pembelajaran kurikuler dan program kegiatan ekstrakurikuler pilihan bagi peserta didik.; (2) Pengembangkan perangkat pembelajaran seni rupa tradisional, guru seni rupa Kabupaten Bantul mengacu pada Kurikulum 2013, dengan membuat silabus, RPP, bahan ajar, dan media pembelajaran secara cukup memadai; (3) Pelaksanaan pembelajaran seni rupa tradisional di SMP/MTs Kabupaten Bantul sesuai dengan acuan pembelajaran dalam Kurikulum 2013, dengan penerapan pembelajaran sainfifik, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis proyek, yang disesuaikan dengan karakteristik seni rupa tersebut secara cukup memadai; (4) Penilaian hasil belajar seni rupa tradisional di SMP/MTs Kabupaten Bantul sesuai dengan acuan penilaian dalam Standar Penilaian Kurikulum 2013, yang disesuaikan dengan karakteristik seni rupa tersebut. Penggunaan teknik dan instrumen sesuai dengan kaidah dan prosedur penilaian hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotor, namun khusnya masih terdapat kelemahan khususnya pada pembuatan soal pilihan ganda.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.54745

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.54745.g19289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trie Hartiti Retnowati, Bambang Prihadi, Dwi Wulandari


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: