Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Melalui Online Shop pada Mahasiswi

Hergita Syi Vadila Sudarisman, , Indonesia

Abstract


Kemudahan dalam melakukan belanja secara online memberikan cara baru pada konsumen dalam membeli

barang, sehingga hal ini dapat lebih mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi dan cenderung berperilaku konsumtif. Sementara itu, kontrol diri merupakan hal penting untuk mengendalikan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016 sebanyak 130 mahasiswi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala perilaku konsumtif melalui online shop yang terdiri dari 26 item dengan reliabilitas sebesar 0,966 serta skala kontrol diri yang terdiri dari 15 item dengan reliabilitas sebesar 0,920. Hasil analisis data menggunakan Pearson Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016, dengan nilai korelasi sebesar -0,861 dan signifikansi p < 0.05 yang artinya semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif melalui online shop, begitu pula sebaliknya..


Keywords


kontrol diri, perilaku konsumtif, online shop, mahasiswi

Full Text:

PDF

References


Ancok, D. (1995). Nuansa psikologi pembangunan. Yogyakarta: Insan Kamil, Pustaka Pelajar.

Anggraini, R. & Sulis, M. . (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif mahasiswi universitas esa unggul. Jurnal Psikologi, 12(21), 34-42

Anin, F., Rasimin, B., & Atamini, N. (2008). Hubungan self monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja. Jurnal Psikologi., 35, 181-93.

Mangkunegara & Anwar, P. (2005). Sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Ardhanari, M. (2013). Memelihara budaya : perspektif masyarakat konsumen dan perilakunya. Orasi Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Surabaya, Jawa Timur, 1-12.

Augusty, F. (2006). Metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Averill, J.R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, University of Massachusetts, 286-303.

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chita, Regina, C. M., Lydia, D., et al. (2015). Hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif melalui online shop Online shopping Produk Fashion pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal e- Biomedik (eBm), 3(1), 297-30.

Degibson, S., Sugiarto. (2000). Metode statistika untuk ekonomi dan bisnis. Jakarta : Gramedia.

Elizabeth, H. (1998). Perkembangan anak jilid I. Jakarta : Erlangga

Imawati, I., Susilaningsih, I.E. (2013). Pengaruh financial literacy terhadap Pprilaku konsumtif melalui online shop remaja pada program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.

James, F.E. (1994). Perilaku konsumen. Edisi 6 : jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip- prinsip pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Loudon, D.L & Della, B.A.J. (1993), Consumer behavior: Concepts and application. Singapore: Mc.Grow-Hill, Inc.

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Noor, J. (2011). Metodologi penelitian: Skripsi, tesis, disertasi, dan karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Jannah, B.P. (2005). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Prastiwi, F. (2018). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada Ibu Rumah Tangga. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Pratiknyo. J. (2008). Perilaku konsumtif melalui online shop terhadap kosmetik wajah pada mahasiswi ditinjau dari konsep diri dan konformitas. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Semarang.

Santrock, J.W. (2011). Perkembangan anak edisi 7 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Saragih, H. Ramdhany, R. (2012). Pengaruh intensi pelanggan dalam berbelanja online kembali melalui media teknologi informasi forum jual beli kaskus. Journal of Information System. Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. & Poly, E. (2012). Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.

Supratiknya. (2014). Pengukuran psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wijaya, Megawati & Farida, J. (2014). Pengaruh rancangan situs, harga, kepercayaan, dan keamanan terhadap pembelian produk fashion melalui belanja online. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 7(2).

Yulihasri, I.M.A. & Ku Amir K.D. (2011). Factors that influence customers buying Intention on shopping online. International Journal of Marketing Studies, 3(1), 128-139

Zulganef. (2008). Metode penelitian sosial & bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.