PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA SASTRA DAN BUDAYA JAWA MELALUI “PAIR CHECK”
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
dan hasil belajar bahasa, sastra, dan budaya Jawa dengan Pair Check. Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VI B SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pada
siklus 1 yaitu sebesar 56,12, dan siklus 2 sebesar 76, 84. Guru diharapkan dapat
menggunakan model pembelajaran kooperatifPair Check pada mata pelajaran yang
sesuai agar tercipta pembelajaran inovatif yang memberi ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, pertumbuhan fiik, serta
perkembangan psikologi siswa.
Kata kunci: Pair Check, kooperatif, bahasa sastra, budaya Jawa
dan hasil belajar bahasa, sastra, dan budaya Jawa dengan Pair Check. Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VI B SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pada
siklus 1 yaitu sebesar 56,12, dan siklus 2 sebesar 76, 84. Guru diharapkan dapat
menggunakan model pembelajaran kooperatifPair Check pada mata pelajaran yang
sesuai agar tercipta pembelajaran inovatif yang memberi ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, pertumbuhan fiik, serta
perkembangan psikologi siswa.
Kata kunci: Pair Check, kooperatif, bahasa sastra, budaya Jawa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: