The Effect of Using Gimkit on the Learning Outcomes of Literature Appreciation of Grade V Elementary School Students

Reina Yustikadewi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputro, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Gimkit terhadap hasil belajar apresiasi sastra. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experiment dengan bentuk Intact group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Sukapura dan sampel dipilih secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sukapura. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan berpengaruh terhadap hasil belajar apresiasi sastra pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji T diperoleh Sig. (dua sisi) sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak.


Full Text:

PDF

References


Astika, S., Herianto, E., Sawaludin, S., & Sumardi, L. (2023). Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 154–160. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1114

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

Billa, S., Ananda, A., Rafni, A., Prodi, J. I., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2023). Pengaruh game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn SMA. In Journal of Education, Cultural and Politics (Vol. 3, Issue 2).

.

Febiyani Shela. (2023). Pengaruh Media Evaluasi Berbasis Gimkit terhadap Hasil Belajara Siswa dalam Mata Pelajaran PPKN: Studi Kuasi terhadap siswa kelas 8 di SMP Kartika VIII-2 Bandung.

Rohimat Sonny, Solfarina, Samsiah, Ramdhani Fajar Izza, Fitri Raisya, & Aliyah Nisa. (2023). WorkshopPengenalan Gimkit untuk Asesmen Formatif Mode Game Online. JNB: Jurnal Nusantara Berbakti, 1.

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332

Selian, F. H., & Rambe, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7370–7377. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4083

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif.




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.70872

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.70872.g21907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Reina Yustikadewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats