Pengaruh Praktik Industri Terhadap Hard Skill Siswa SMK pada Program Keahlian Teknik Pemesinan

Yudha Dwi Prasetyo, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Tiwan Tiwan, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Arianto Leman Soemowidagdo, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


The implementation of industrial practices is expected to improve skills, verbal abilities, and can provide creative ideas for students in developing skills that have been raised to create the right innovation. This research aims to determine the implementation of industrial attachment for the students of machining study program, and the influence of industrial attachment on the students’ hard skill. This research used ex-post facto method with a quantitative approach. The subjects were class XII students of machining study program with a total sample of 98 students. Data were collected using questionnaire and documentation. Data were analyzed using Pearson’s product moment correlation and simple regression analysis. Results show that the implementation of industrial attachment for students of machining study program is categorized as ‘high’ (69,38% in average), and  that there is as a positive and significant effect on the students’ hard skill.

Pelaksanaan praktik industri diharapkan mampu meningkatan keterampilan, kemampuan verbal, dan dapat memberikan ide-ide kreatif bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan yang telah dimilikinya untuk membuat inovasi produk tepat guna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  keterlaksanaan praktik industri siswa Teknik Pemesinan, dan  pengaruh praktik industri terhadap hard skill siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek  penelitian  adalah siswa kelas XII  program keahlian Teknik Pemesinan dengan jumlah sampel 98 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson dan dilakukan uji analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan praktik industri siswa teknik pemesinan rata-rata temasuk kedalam kategori tinggi 69,38%, dan praktik industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hard skill siswa. Hubungan yang diperoleh adalah semakin tinggi tingkat pelaksanaan praktik industri, maka semakin tinggi pula hard skill-nya dan bidang pekerjaan memiliki pengaruh tinggi terhadap nilai praktik industri siswa teknik pemesinan


Keywords


praktik industri, hard skill, teknik pemesinan

Full Text:

FULLPAPER

References


Dalhari. 2016. Pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan kemampuan praktik produktif terhadap minat berwirausaha. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. 4 (8). 529-534.

Djandji Purwanto. 2013. Manajemen kerjasama antara sekolah menengah kejuruan dengan industri. Diakses tanggal 27 september 2017 dari http:// http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/488-manajemen-kerjasama-antara-sekolah-menengah-kejuruan-dengan-industri-studi-kasus-di-smkn-1-program-keahlian-alat-berat-singosari-malang

Dwi Sapitri Iriani, dkk. 2015. Evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri siswa kompetensi keahlian jasa boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22 (3), 274-290

Hari Din Nugraha. 2017. Pengaruh bimbingan karir dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa teknik pemesinan SMK N 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 5 (1). 65-74

Lehan Bagaswana. 2014. Pengaruh Soft Skills terhadap Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2013/2014 SMK Negeri 2 Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

S. Basir. 2011. Soft Skill vs Hard skill. Jakarta Timur: Kantor Akuntan Publik Syarief Basir dan Rekan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardjiman Djojonegoro. 1998. Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Dalam Era Kompetensi Global. Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats