PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN PJBL TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 1 RENGASDENGKLOK

Susilawati Susilawati, Politeknik Negeri Subang, Indonesia
Siti Sahara, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Perlunya meningkatkan kualitas dalam pembelajaran di mana berdasarkan hasil observasi dan wawancara terbatas kepada beberapa peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 1 Rengasdengklok, diketahui bahwa sistem pembelajaran masih bersifat ekspositori dimana guru menyampaikan materi secara verbal. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa adanya siswa kelas XII TKR yang tidak lulus ketika pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan pada pekerjaan tune up mesin bensin, sehingga harus melakukan remidial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL), project based learning (PJBL) dan ekspositori terhadap peningkatan kompetensi kognitif. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan desain nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Variabel yang digunakan yaitu dua variabel bebas dengan (X1) PBL dan (X2) PJBL serta variabel terikat (Y) yakni kompetensi kognitif. Populasi terdiri dari siswa Kelas XI TKR 1 dan XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKR 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar pada kelas PBL dan PJBL lebih tinggi daripada kelas ekspositori. Kedua model ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran di SMK.

Keywords


problem based learning; PBL; project based learningPJBL, kompetensi kognitif

Full Text:

PDF

References


Ackay, B. 2009. Problem-Based Learning in Education. Journal of Turkish Science Education. Volume 6. Nomor 1, 27-35.

Amaral, A. H. J. A. A. do. 2015. Creating a Project-Based Learning Environment to Improve Project Management Skills of Graduate Students. Journal of Problem Based Learning in Higher Education. Volume 3. Nomor 2, 120–130.

Amstrong, Michael. 2003. The Art of Managing People. A Handbook of Remuneration Strategy and Practice. Buku Pertama. Alih Bahasa: Ramelan & Dwi Purbaningtyas. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Arends, R. I. 2008. Belajar untuk Mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto) New York: Mc. Graw Hill.

Arends, R I. 2012. Learning to Teach ninth edition. New York: McGraw-Hill.

Bell, S. 2010. Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. Volume 83. Nomor 2, 39–43.

Bender, W. N. 2012. Differentiating Instruction for Student with Learning Disabilities. Publisher: Corwin.

Dawson, T. E. 2007. A Primer on Experimental and Quasi-Experimental Design A Primer on Experimental and Quasi-Experimental Design. Southwest Educational Research Association, January 1997, 1–15.

Fogarty, Robin. 1997. Problem-based learning and order curriculum models for the multiple intelligences classroom. United States Of America: SkyLight Training and Publishing, Inc.

Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchack, D. 2009. Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kautsar, I. A., & Sarno, R. 2019. A supportive tool for project based learning and laboratory based education. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology. Volume 9. Nomor 2, 630–639.

Mohan, R. 2007. Innovative Science Teaching. New Delhi: Prentice-Hall of India Private Limited.

Mozas-Calvache, A. T., & Barba-Colmenero, F. 2013. System for evaluating groups when applying project-based learning to surveying engineering education. Journal of Professional Issues in Engineering Education and Practice. Volume 139. Nomor 4, 317–324.

Muslim, Ambiyar, Setiawan, D., & Putra, R. 2020. Project-Based Learning Tools for Light Vehicle Engine. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 10. Nomor 1, 22–33.

Savin & Baden, M. 2003. Facilitating Problem Based Learning. Philadephia: SHRE and Open University Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. Diakses pada tanggal 08 September 2021 dari http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i2.44128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats