PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN, TINGKAT PENDIDIKAN, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI JAWA TENGAH
Abstract
Abstrak: Pengaruh Pembiayaan Pendidikan, Tingkat Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembiayaan pendidikan, tingkat pendidikan, pertumbuhan ekonomi secara parsial dan simultan terhadap tingkat kemiskinan Jawa Tengah periode 2002 – 2011. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data panel dengan pendekatan fixed effect method. Data diambil menggunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari BPS dan lembaga pemerintahan terkait. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembiayaan pendidikan, tingkat pendidikan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif terhadap tingkat kemiskinan terhadap tingkat kemiskinan secara parsial dan simultan.
Kata kunci: pembiayaan pendidikan, tingkat pendidikan, pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, analisis data panel.
Abstract: Influence of Educational Financing, Education Level, Economic Growth on Poverty Level in Central Java. The study aims to find out the magnitude of the partially and simultaneously influence of education financing, level of education, economic growth on level of poverty in Central Java period 2002 – 2011. The study was an ex post facto research which used quantitative approach. The method analysis used is analysis of pooled data with fixed effect method. Data were collected from BPS and related government agencies by documentation technique. The result of the study was education financing, education level and economic growth have partially and simultaneously negative influence on the level of poverty.
Key words: education financing, level of education, economic growth, level of poverty, pooled data analysis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/economia.v10i2.7539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Archive, Citation & Indexing:
More archive, citation, & indexing...
This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License