Evaluasi model explore-apply-present dengan english audiopedia untuk pembelajaran bahasa inggris SMP
Abstract
EVALUASI MODEL EXPLORE-APPLY-PRESENT DENGAN
ENGLISH AUDIOPEDIA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP
Abstrak
Pengembangan model Explore-Apply-Present (EAP) dengan English Audiopedia perlu dievaluasi untuk mendapatkan rekomendasi terkait degan pengambilan keputusan tentang keberlangsungan proyek yang sedang dikembangkan. Penelitian evaluatif ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2019 dengan responden 30 guru Bahasa Inggris SMP dan 420 peserta didik SMP dari empat lokasi yaitu Tangerang, Bandung, Surakarta, dan Surabaya. Instrumen yang diguunakan dalam penelitian ini yaitu angket, panduan wawancara, dan diskusi kelompok terfokus. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model EAP dengan pendekatan saintifik dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam pembelajaran menyimak. Ditinjau dari tingkat kelayakan, English Audiopedia layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar karena baik dari sisi materi, teknis maupun kemediaan telah memenuhi standar produksi dengan melibatkan ahli di bidangnya. Model ini layak untuk dikembangkan sebagai alternatif pembelajaran listening dan alternatif dalam mememuhi keterbatasan sumber belajar listening yang sering dikeluhkan guru. Namun model ini perlu diperbaiki baik dari sisi format sajian, konten, maupun kemasan agar lebih menarik dan tepat sasaran.
Kata Kunci: EAP, English Audiopedia, menyimak, evaluasi
EVALUATION OF THE EXPLORE-APPLY-PRESENT MODEL WITH ENGLISH AUDIOPEDIA FOR ENGLISH LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOLS
Abstract
The development of the Explore-Apply-Present (EAP) model with English Audiopedia needs to be evaluated to obtain recommendations related to decision making regarding the sustainability of the project being developed. This evaluative research was conducted in October-December 2019 with 30 junior high school English teachers and 420 junior high school students as respondents taken from four locations, namely Tangerang, Bandung, Surakarta, and Surabaya. The instruments used in this study were questionnaires, interview guides, and focused group discussion. The results of the evaluation showed that the EAP model with a scientific approach can be used as an alternative in teaching listening. Judging from the feasibility level, English Audiopedia was suitable for use as an alternative source of learning English because both material and technical aspects have met the standards in the development and production process by involving experts in their fields. This model was feasible to be developed as an alternative to teaching listening and as an alternative in meeting the limitations of English audio resources that teachers often complained about. However, this model needs to be improved both in terms of presentation format, content, and packaging to make it more attractive and suitable with the users.
Keywords: EAP, English Audiopedia, listening, evaluation
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adnan, A. (2012). Pengajaran Menyimak Bahasa Inggris:Masalah dan Solusinya. Lingua Didaktika, Jurnal Bahasa dan Pembelajaran, 6(1):1 DOI 10.24036/ld.v6il.2549.
Ananda, R. &. (2017). Pengantar Evaluasi ProgramPendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Apriani, O. D. (2020). Podcast sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Retrieved Occtober 13, 2020, from https://www.researchgate.net/publication/341250765_Podcast_sebagai_Media_Pembelajaran_Jarak_Jauh_20_Jurnal/link/5eb55d67a6fdcc1f1dc8b4ce/download.
Arikunto, S. &. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asrul, A. R. (2015, September). Evaluasi Pembelajaran. Retrieved October 9, 2020, from https://core.ac.uk/download/pdf/53037263.pdf.
Calhoun, C. S. (2020). Instructional Design Evaluation. In J. K. (Eds.), Design for Learning: Principles, Processes, and Praxis (pp. 432-438). https://edtechbooks.org/id.
Cheryl Calhoun, S. S. (n.d.). Instructional Design Evaluation. In J. K.Mc.
Clark, L. T. (2010). Educational Design of Short, Audio Podcast, the Teacher and Student Experience. Australasian Journal of Educaional Technology Vol 26 No 3, 2010, p 386-399.
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
EF. (2019). EF English Proficiency Index. Retrieved October 9, 2020, from https://www.ef.com/wwen/epi/.
Kemendikbud. (2016). Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
McGriff, S. J. (2000). Instructional System Design (ISD) Using the ADDIE Model. Retrieved October 9, 2020, from https://www.lib.purdue.edu/sites/default/files/directory/butler38/ADDIE.pdf.
Panggabean, H. (2016, January 1). https://www.researchgate.net/publication/313160996_URGENSI_DAN_POSISI_BAHASA_INGGRIS_DI_INDONESIA. Retrieved October 9, 2020, from Urgensi dan Posisi Bahasa Inggris di Indonesia: www.researchgate.net
Pardede, P. (2018, November 27). Mengapa Banyak Siswa Gagal Belajar Bahasa Asing? . Retrieved October 9, 2020, from https://eeduki.com/2018/11/27/mengapa-banyak-siswa-gagal-belajar-bahasa-asing/.
Priyono, J. (2014). English Language Teaching Steps Based on the Scientific Method. Yogyakarta: Yogyakarta State University.
Santosa, P. P. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMKN 2 Depok. DEIKSIS, Vol. 09 No.02, Mei 2017, hal. 170-181.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pasasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.
Suparti, dkk. (2019). Laporan Rancangan Model EAP dengan English Audiopedia untuk Pembelajaran Bahasa Inggris . Yogyakarta: Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v1i2.35068
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Epistema
View My Stats Epistema