Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengujian Bahan Pangan Materi Sifat Telur
Andian Ari Anggraeni,
Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Mutiara Nugraheni,
Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Wika Rinawati,
Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tujuan penelitian ini: mengembangkan dan menilai kelayakan video pembelajaran mata kuliah Pengujian Bahan Pangan untuk materi telur oleh ahli materi, ahli media dan calon pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan video pembelajaran dilakukan dengan pendekatan 4D (Define, Design, Develop dan Dissemination). Video pembelajaran ini menjelaskan sifat fisik dan emulsi telur. Metode pengumpulan data menggunakan angket penilaian kelayakan media. Uji coba terbatas video pembelajaran dilakukan pada 30 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Boga, Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) video pembelajaran mata kuliah Pengujian Bahan Pangan untuk materi sifat fisik dan emulsi telur telah dikembangkan dengan format mp4, durasi 11 menit, dan terdiri dari 5 bagian yaitu pembukaan, persiapan alat dan bahan, eksperimen, evaluasi hasil dan penutupan. Video diunggah dalam YouTube channel Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta dengan URL https://youtu.be/l0b_F_2pAQU. 2) nilai kelayakan video pembelajaran berdasar ahli materi 96% kategori sangat layak, ahli media 88% sangat layak dan calon pengguna 83% sangat layak, sehingga video pembelajaran ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Bergmann, J. and Sams, A. (2012) Flip your classroom: Reach every student in every class every day. Eugene, Oregon:International Society for Technology in Education.
Educause (2012) 7 things you should know about… Flipped classrooms. Educause Learning Initiative. https://net. educause.edu/ir/library/pdf/ELI7081.pdf.
Hamdan, M., McKnight, P., McKnight, K., and Arfstrom, K. (2013) A review of flipped learning: Flipped Learning Network.http://researchnetwork.pearson.com/wp-content /uploads/LitReview_FlippedLearning1.pdf.
Mazur, A.D., Brown, B., and Jacobsen, M. (2015) Learning designs using flipped classroom instruction, Canadian Journal of Learning and Technology, 41(2), 1-26.
Riyana, C. (2007) Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI. UPI.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. (1974) Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, University of Minnesota.