IDENTIFIKASI PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI CARA MEMILIH PRODUK PADA ANAK USIA DINI DI DIY
Pratiwi Wahyu Widiarti, FIS UNY
M. Lies Endarwati, FE UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) upaya-upaya yang telah dilakukan orangtua dalam mencintai produk Indonesia pada anak usia dini, dan 2) model pendidikan kebangsaan kepada anak usia dini.Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan populasi penelitian adalah keluarga yang mempunyai anak usia sampai dengan 6 tahun sebagai warga Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel penelitian menggunakan multistage sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) Upaya yang paling banyak dilakukan orang tua kepada anak untuk mencintai produk Indonesia dengan cara mengenalkan budaya Indonesia (55,07%).Upaya paling banyak dilakukan orang tua untuk mengenalkan kepada anak produk Indonesia dengan cara menggunakan atau memakai produk Indonesia (68,12%). 2) Ditemukan model pendidikan kebangsaan kepada anak usia dini dalam bentuk:(a) ToT untuk guru tentang bagaimana mendampingi anak dalam memilih produk dalam negeri. (b) Pelatihan dan pendampingan untuk orangtua untuk memperkenalkan bagaimana cinta produk dalam negeri.(c) Penyusunan modul pembelajaran kepada anak dalam memilih produk Indonesia
DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.14910
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722
Indexed by:
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.