PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH DASAR-DASAR DESAIN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN SENI RUPA
- Ismadi,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul
Mata Kuliah Dasar-dasar Desain Seni Kerajinan berbasis kearifan lokal bagi
mahasiswa Pendidikan Seni Rupa FBS, UNY. Pada penelitian ini dikembangkan
produk bahan ajar berupa modul cetak. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan langkah-langkah
yang telah dilaksanakan meliputi analisis kebutuhan bahan ajar melalui kegiatan
Focus Group Discussion, pengembangan produk, uji ahli yang meliputi ahli materi
dan ahli media, uji pengguna terbatas dan refisi. Data dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif teknik prosentase dan kualitatif. Hasil
uji ahli dari komponen kelayakan isi mencapai skor rerata penilaian 90%,
komponen penyajian 95% dan komponen tampilan90,6%. Hasil uji pengguna
terbatas mencapai skor rereta penilaian dari komponen tampilan 92,5% dan
komponen tampilan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul dinilai baik
dan layak dijadikan sebagai bahan ajar pendukung pembelajaran Dasar-dasar
Desain di Jurusan Pendidikan Seni Rupa.
Mata Kuliah Dasar-dasar Desain Seni Kerajinan berbasis kearifan lokal bagi
mahasiswa Pendidikan Seni Rupa FBS, UNY. Pada penelitian ini dikembangkan
produk bahan ajar berupa modul cetak. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan langkah-langkah
yang telah dilaksanakan meliputi analisis kebutuhan bahan ajar melalui kegiatan
Focus Group Discussion, pengembangan produk, uji ahli yang meliputi ahli materi
dan ahli media, uji pengguna terbatas dan refisi. Data dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif teknik prosentase dan kualitatif. Hasil
uji ahli dari komponen kelayakan isi mencapai skor rerata penilaian 90%,
komponen penyajian 95% dan komponen tampilan90,6%. Hasil uji pengguna
terbatas mencapai skor rereta penilaian dari komponen tampilan 92,5% dan
komponen tampilan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul dinilai baik
dan layak dijadikan sebagai bahan ajar pendukung pembelajaran Dasar-dasar
Desain di Jurusan Pendidikan Seni Rupa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats