PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN DESKOMVIS I SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan
mahasiswa dalam pembelajaran Deskomvis I dengan penerapan pendekatan
inquiry. Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian tindakan
kelas dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program
Studi Pendidikan Seni Rupa yang mengambil mata kuliah Desain Komunikasi
Visual I. Tahapan penelitian, yaitu (a) pretest sebagai alat ukur kemampuan awal
mahasiswa, (b) pengamatan lapangan bagi mahasiswa dalam berkarya tipography
art I dan II, (c) eksperimen melalui berbagai media untuk menghasilkan karya
yang sesuai dengan kaidah-kaidah desain komunikasi visual. Hasil berupa skor
tindakan pertama yaitu pada rata-rata kelas hanya diperoleh angka 69 yang apabila
dikonversikan maka angka ini masih termasuk nilai B- dan pada tindakan kedua
skor rata-rata kelas diperoleh sebesar 81,33 yang apabila dikonversikan maka
angka ini termasuk nilai A-.Pembelajaran Deskomvis I melalui pendekatan inquiry
mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan adanya
peningkatan skor nilai dan peningkatan kualitas hasil karya mahasiswa.
mahasiswa dalam pembelajaran Deskomvis I dengan penerapan pendekatan
inquiry. Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian tindakan
kelas dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program
Studi Pendidikan Seni Rupa yang mengambil mata kuliah Desain Komunikasi
Visual I. Tahapan penelitian, yaitu (a) pretest sebagai alat ukur kemampuan awal
mahasiswa, (b) pengamatan lapangan bagi mahasiswa dalam berkarya tipography
art I dan II, (c) eksperimen melalui berbagai media untuk menghasilkan karya
yang sesuai dengan kaidah-kaidah desain komunikasi visual. Hasil berupa skor
tindakan pertama yaitu pada rata-rata kelas hanya diperoleh angka 69 yang apabila
dikonversikan maka angka ini masih termasuk nilai B- dan pada tindakan kedua
skor rata-rata kelas diperoleh sebesar 81,33 yang apabila dikonversikan maka
angka ini termasuk nilai A-.Pembelajaran Deskomvis I melalui pendekatan inquiry
mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan adanya
peningkatan skor nilai dan peningkatan kualitas hasil karya mahasiswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats