PENGUKURAN RESPONS ESTETIK SISWA DENGAN SEMANTIC DIFFERENTIAL

Bambang Prihadi, FBS Universitas Negeri Yogyakarta Abstrak, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan dan mengungkap karakteristik instrumen

pengukuran respons estetik, yang dapat digunakan untuk mengukur respons

siswa terhadap karya seni rupa (lukisan). Sasaran penelitian pengembangan ini adalah

instrumen pengukuran respons estetik untuk siswa sekolah menengah pertama

dan respons siswa sebagai hasil uji coba. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas

VII SMP Negeri 4 Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis

faktor, analisis reliabilitas, dan analisis varians dengan pengukuran ulang. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan instrumen pengukuran

respons estetik meliputi penyusunan kisi-kisi, pemilihan butir-butir semantic

differential dan stimulus (lukisan), penyusunan instrumen, dan uji coba instrumen.

Berdasarkan analisis faktor, instrumen pengukuran respons estetik yang dikembangkan

tersebut memiliki validitas yang baik (varians total yang dapat dijelaskan

keseluruhan = 70,65%). Instrumen pengukuran ini mampu mengukur respons

estetik siswa menurut faktor evaluatif, formal (kebentukan), dan stimulatif (kesan

gerak), yang berarti bahwa siswa menunjukkan kecenderungan menilai kualitas,

merasakan bentuk, dan menangkap kesan gerak pada lukisan. Faktor evaluatif

direpresentasikan oleh butir 'tidak indah—indah', 'jelek-bagus', 'tidak suka—suka',

dan 'tidak mirip—mirip'. Faktor formal direpresentasikan oleh butir 'gelap—terang

', 'kusam—cemerlang', dan 'kabur—jelas'. Faktor stimulatif direpresentasikan oleh

butir 'sederhana—rumit', 'hidup—mati', 'kacau—tenang', dan 'kaku—luwes'.

Instrumen respon estetik ini memiliki reliabilitas yang baik (konsistensi internal

alpha = 0,82 dan koefisien stabilitas rij = 0,71). Analisis varians dengan

pengukuran ulang menunjukkan bahwa instrumen pengukuran respons estetik

siswa tersebut menunjukkan sensitivitas terhadap karakteristik lukisan. Terdapat

pengaruh gaya dan tema lukisan serta interaksinya terhadap respons estetik siswa.

Kata kunci: respons estetik, semantic differential, instrumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v8i2.6717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats