MINAT SISWA SMK JURUSAN TEATER MELANJUTKAN STUDI KE JENJANG S-1 PENDIDIKAN SENI DRAMA DI FBS UNY
Abstract
Penelitian ini ingin mencoba menyingkap permasalahan yang terjadi pada
kehidupan seni teater/drama di sekolah, mengingat bahwa sampai dewasa ini,
lembaga pendidikan formal (sekolah-sekolah umum) belum ada yang
menyelenggarakan pendidikan seni drama, sebagai bagian dari pendidikan seni
pada umumnya. Di sisi lain, LPTK semacam FBS UNY sampai dewasa ini belum
mampu menyelenggarakan Pendidikan Seni Drama, baik dalam bentuk jurusan
ataupun program studi. Untuk itu, kajian ini dimaksudkan untuk melihat
bagaimana dan sejauh mana minat siswa SMK Jurusan Teater untuk melanjutkan
studi ke jenjang S-1 Pendidikan Seni Drama yang berpeluang untuk dibuka di
FBS UNY. Minat para siswa tersebut perlu digali agar didapatkan data tentang
peluang diselenggarakannya rekrutmen mahasiswa. Penelitian ini masih
membatasi diri pada siswa Jurusan Teater dari SMK Negeri I Kasihan Bantul.
Kriteria mengatakan bahwa siswa dikatakan memiliki minat yang tinggi apabila
siswa memiliki skor sama dengan (=) atau lebih besar (>) daripada mean teoritik
(25). Setelah kriteria itu dipertemukan dengan data empirik yang ada, yakni skor
yang diperoleh dari 29 orang siswa (responden), ternyata skor siswa bergerak dari
25 (skor empirik terendah) hingga 40 (skor empirik tertinggi). Dengan demikian,
seluruh siswa yang ada (29 siswa) masuk dalam kategori “berminat” melanjutkan
studi ke jenjang S-1 Pendidikan Seni Drama seandainya dibuka di Fakultas
Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Kata kunci: minat, siswa SMK, teater, pendidikan seni drama
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v8i2.6720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats