PERMASALAHAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR MAHASISWA BIDANG PENGKAJIAN SENI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI KERAJINAN FBS UNY
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala yang
dialami mahasiwa dalam penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni
kerajinan, strategi pembimbingan yang efektif untuk peningkatan kualitas
penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni kerajinan dan mendeskripsikan
penulisan laporan penelitan yang berkualitas.
Metode Penelitian ini merupakan studi kasus untuk mengungkap
kasus-kasus yang bersifat spesifik pada individu, kelompok, atau lembaga
yang dilakukan secara intensif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan yang akan atau sedang menulis
proposal TAS di bidang pendidikan dan pembelajaran seni kerajinan.Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan
kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan perlunya upaya yang lebih terprogram
untuk menyiapkan mahasiswa dalam menulis tugas akhir skripsi bidang
pendidikan dengan lebih cepat dan lebih baik. Kesiapan mahasiswa dalam
menulis proposal masih ditemukan multi kelemahan mulai dari masalah terkait
metodologi penelitian, penulisan maupun subtansi keilmuan seni kerajinan.
Untuk itu diperlukan workshop penulisan proposal penelitian untuk
menyiapkan mahasiswa lebih awal menyusun proposal dengan baik.Proses
pembimbingan skripsi terkendala oleh sulitnya bertemu dengan dosen
pembimbing, dan masih ditemukan masalah teknis dalam hal penguasaan
bahasa dan penulisan iulmiah yang baik dan benar. Untuk itu perlunya
penataan mata kuliah metodologi penelitian dan seminar agar lebih banyak
memberikan wawasan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dengan baik.
Diupayakan setiap mata kuliah baik teori maupun praktik memberikan tugas
kepada mahasiswa untuk membaca dan menulis dalam bentuk paper, resume,
analisis dan sebagainya untuk dipresentasikan.
dialami mahasiwa dalam penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni
kerajinan, strategi pembimbingan yang efektif untuk peningkatan kualitas
penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni kerajinan dan mendeskripsikan
penulisan laporan penelitan yang berkualitas.
Metode Penelitian ini merupakan studi kasus untuk mengungkap
kasus-kasus yang bersifat spesifik pada individu, kelompok, atau lembaga
yang dilakukan secara intensif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan yang akan atau sedang menulis
proposal TAS di bidang pendidikan dan pembelajaran seni kerajinan.Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan
kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan perlunya upaya yang lebih terprogram
untuk menyiapkan mahasiswa dalam menulis tugas akhir skripsi bidang
pendidikan dengan lebih cepat dan lebih baik. Kesiapan mahasiswa dalam
menulis proposal masih ditemukan multi kelemahan mulai dari masalah terkait
metodologi penelitian, penulisan maupun subtansi keilmuan seni kerajinan.
Untuk itu diperlukan workshop penulisan proposal penelitian untuk
menyiapkan mahasiswa lebih awal menyusun proposal dengan baik.Proses
pembimbingan skripsi terkendala oleh sulitnya bertemu dengan dosen
pembimbing, dan masih ditemukan masalah teknis dalam hal penguasaan
bahasa dan penulisan iulmiah yang baik dan benar. Untuk itu perlunya
penataan mata kuliah metodologi penelitian dan seminar agar lebih banyak
memberikan wawasan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dengan baik.
Diupayakan setiap mata kuliah baik teori maupun praktik memberikan tugas
kepada mahasiswa untuk membaca dan menulis dalam bentuk paper, resume,
analisis dan sebagainya untuk dipresentasikan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats