UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKORD KEYBORD MELALUI PENGGUNAAN METODE MOVING OF FINGER ( MOFI ) PADA SISWA KELAS VIIC SEMESTER 2 TAHUN PEL. 2014/2015 DI SMP NEGERI 2 TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL.
Abstract
Rendahnya hasil pembelajaran akord pada alat musik keyboard di SMP
Negeri 2 Tanjungsari, Gunungkidul dipengaruhi oleh berupa siswa kurang semangat,
sulit memahami materi pelajaran, hal tersebut dimungkinkan metode yang digunakan
kurang tepat sehingga hasil pembelajaran- nya belum mencapai batas minimum
atau KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 75. Metode mofi merupakan salah satu
metode pembelajaran akord pada alat music keyboard yang dalam pembelajarannya
mempermudah siswa dalam mempelajari penjarian dalam melakukan progresi akord
dengan cara merubah 1 (satu) jari saja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah - langkah
penerapan metode Mofi dalam pembelajaran akord keyboard dan bagaimana
peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Mofi pada siswa kelas
VII C semester 2 Tahun Pel. 2014/2015 di SMPN 2 Tanjungsari,Gunungkidul.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap
yaitu: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil Penelitian diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan metode mofi
dapat meningkatkan hasil pembelajaran Akord Keyboard secara signifikan dari
siklus I ke Siklus II, berdasarkan KKM yang ditetapkan sebesar 75. Pada siklus I
jumlah nilai sebanyak 2415 dengan rata-rata 75,47,Nilai ketuntasan 51,52 %,
sedangkan pada siklus II diperoleh jumlah nilai sebesar 2605 , Dengan rata-rata
sebesar 81,40 Nilai ketuntasan 87,50 Berdasarkan perolehan nilai pada siklus I dan
Siklus II terdapat peningkatan ketuntasan sebesar 51,52 % pada siklus I menjadi
87,5 % pada siklus II. hal ini membuktikan bahwa Metode Mofi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dalam belajar akord keyboard.
Negeri 2 Tanjungsari, Gunungkidul dipengaruhi oleh berupa siswa kurang semangat,
sulit memahami materi pelajaran, hal tersebut dimungkinkan metode yang digunakan
kurang tepat sehingga hasil pembelajaran- nya belum mencapai batas minimum
atau KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 75. Metode mofi merupakan salah satu
metode pembelajaran akord pada alat music keyboard yang dalam pembelajarannya
mempermudah siswa dalam mempelajari penjarian dalam melakukan progresi akord
dengan cara merubah 1 (satu) jari saja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah - langkah
penerapan metode Mofi dalam pembelajaran akord keyboard dan bagaimana
peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Mofi pada siswa kelas
VII C semester 2 Tahun Pel. 2014/2015 di SMPN 2 Tanjungsari,Gunungkidul.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap
yaitu: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil Penelitian diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan metode mofi
dapat meningkatkan hasil pembelajaran Akord Keyboard secara signifikan dari
siklus I ke Siklus II, berdasarkan KKM yang ditetapkan sebesar 75. Pada siklus I
jumlah nilai sebanyak 2415 dengan rata-rata 75,47,Nilai ketuntasan 51,52 %,
sedangkan pada siklus II diperoleh jumlah nilai sebesar 2605 , Dengan rata-rata
sebesar 81,40 Nilai ketuntasan 87,50 Berdasarkan perolehan nilai pada siklus I dan
Siklus II terdapat peningkatan ketuntasan sebesar 51,52 % pada siklus I menjadi
87,5 % pada siklus II. hal ini membuktikan bahwa Metode Mofi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dalam belajar akord keyboard.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats