KONTRIBUSI PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN DALAM PRAKTIK INSTRUMEN MUSIK GESEK
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai beberapa prinsip-prinsip yang
dapat diterapkan pada praktik pengajaran instrumen musik gesek di sekolah. Pembahasan
ditekankan pada pelaksanaan pembelajaran dengan didasarkan pada 7 prinsip pengajaran, yang
meliputi: prinsip aktivitas, prinsip motivasi, prinsip individualitas,prinsip lingkungan, prinsip
kebebasan, prinsip peragaan, prinsip kerjasama dan persaingan. Di dalam pelaksanaan
pembelajaran, setiap prinsip pengajaran memberikan kontribusi yang diharapkan dapat
meningkatkan kualitas permainan musik gesek (violin, violia,cello, contra bass) baik dari segi
penguasaan materi, kedisiplinan dalam pelaksanaan pembelajaran maupun pemberian motivasi
bagi setiap peserta didik serta bagaimana dapat menciptakan suatu kerjasama dan persaingan
yang sehat. Peran guru praktik dengan peserta didik dalam hal ini diharapkan ada keseimbangan,
sehingga peserta didik bisa mengakomodasi semua instruksi yang diberikan oleh guru sebagai
suatu masukan ataupun input yang tidak terlalu dipaksakan kepada peserta didik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats