PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI: Sebuah Alternatif Metode Belajar Tari
- Kusnadi, , Indonesia
Titik Agustin, , Indonesia
Abstract
Pengembangan video pembelajaran tari ini bertujuan untuk memberikan kemudahan peserta didik yang akan mempelajari tari secara mendiri (tanpa guru). Video ini dibuat dengan dua sistem. Pertama dengan iringan lengkap, dan kedua tanpa iringan (hanya dengan hitungan). Cara penggunaan video pembelajaran tari ini adalah mengacu pada konsep pembelajaran SAS (Struktur Analisa Sintesa) yang merupakan metode keunsuran yang akan memberikan kejelasan pada peserta didik dalam mengamati ragam per ragam tari yang diajarkan. Metode ini dipadu dengan metode imitasi dan demonstasi yang dilakukan guru dalam media ini. Perpaduan metode pembelajaran tersebut untuk memperjelas aksentuasi gerak yang dilakukan model pada pengguna media ini (peserta didik/guru). Hasil dari pengembangan media pembelajaran melalui video ini adalah :1) peserta didik akan dimudahkan dalam menambah jam pelajaran di luar kelas ; 2) dengan media pembelajaran video ini tingkat kesalahan teknis mengenai ragam gerak dapat diminimalisir ; 3) dengan materi pembelajaran video ini akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkespresi baik gerak, irama dan penghayatan tarinya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v14i1.9535
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats