Aqua ads as an instrument of Indonesia national identity development
Sri Kusuma Habsari, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
Deny Tri Ardianto, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
Abstract
Advertising is not only present as a media that is able to introduce products of goods and service to encourage people to consume based on their needs, but rather to simulate life models and create fake needs made by producers. The research focused on analyzing the signs found on 600ml Aqua mineral water bottle labels with themed Temukan Indonesiamu. The study aims to find implicit purpose of using themed labels Temukan Indonesiamu in a 600 ml size Aqua mineral water bottle through the signs that appear on the ads. The study uses Rolland Barthes’s semiotics method to five motions advertisements namely friendly, polite, mutual cooperation, sharing, and kindship advertisement to find the meaning of denotation – connotations contained in the advertisement so as to produce myths or implicit goals from the production of the advertisement themed Temukan Indonesiamu. The result showed that changes of Aqua packaging using themed labels Temukan Indonesiamu with the theme of polite (santun), friendly (ramah), cooperation (gotong royong), sharing (berbagi) and kinship (kekeluargaan) not only as a Nation’s talent search program and a media representation of identity and culture of Indonesia, but encouragement of Aqua mineral water producers to consumers to buy Aqua mineral water not only based on the need of mineral water, but also based on simulations and false need created by advertisement, namely love for the Indonesia Nation as reflected in the 600ml Aqua bottle label. The author’s creation of the theme Aqua bottle was also seen by the author as a diversion of public attention by Aqua mineral water producers to the increasingly uncontrolled problem of plastic waste in Indonesia and the way to maintain the existence of products from Aqua mineral water producers.
Iklan tidak hanya hadir sebagai media yang mampu memperkenalkan produk atau barang dan jasa untuk mendorong masyarakat berkonsumsi berdasarkan kebutuhan dirinya, melainkan menjadi simulasi model kehidupan dan menciptakan kebutuhan palsu yang dibuat oleh produser. Penelitian berfokus kepada penganalisisan tanda-tanda yang terdapat pada label botol air mineral Aqua ukuran 600ml bertema Temukan Indonesiamu. Penelitian bertujuan menemukan tujuan implisit digunakannya label bertema Temukan Indonesiamu pada botol air mineral Aqua ukuran 600ml melalui tanda-tanda yang muncul pada iklan. Penelitian menggunakan metode semiotika Rolland Barthes kepada kelima iklan gambar bergerak yaitu iklan versi ramah, santun, gotong royong, berbagi, dan kekeluargaan untuk menemukan makna denotasi – konotasi yang terkandung pada iklan sehingga menghasilkan mitos atau tujuan implisit dari diproduksinya iklan bertema Temukan Indonesiamu. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan kemasan Aqua dengan menggunakan label bertema Temukan Indonesiamu bertema Santun, Ramah, Gotong Royong, Berbagi, dan Kekeluargaan tidak hanya sebagai program pencarian bakat anak Bangsa dan media representasi jati diri dan kebudayaan Indonesia, melainkan dorongan produsen air mineral Aqua kepada konsumen untuk membeli air mineral Aqua tidak hanya berdasarkan kebutuhan akan air mineralnya, namun juga berdasarkan simulasi dan kebutuhan palsu yang diciptakan oleh iklan yaitu rasa cinta kepada Bangsa Indonesia yang tercermin pada gambar label botol Aqua ukuran 600ml. Penciptaan botol Aqua bertema Temukan Indonesiamu juga dilihat penulis sebagai pengalihan perhatian masyarakat oleh produser air mineral Aqua terhadap semakin tidak terkendalinya persoalan sampah plastik di Indonesia dan cara mempertahankan eksistensi produk dari produser air mineral Aqua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adorno, T. W., & Horkheimer, M. (2006). The Culture Industry: Enlightenment as Mass Deception. In M. G. Durham, & D. M. Kellner, Media and Cultural Studies Keyworks, 41-72. Malden: Blackwell.
Akalili, A. (2018). Audience and Public Service Advertisement About The Dangers of Smoking. Informasi, 48(2), 181-194.
Apter, D. E. (1996). Pengantar Analisa Politik. Jakarta: LP3ES.
Asih, W. (2016). A Semiotics Analysis of the Advertisements of Bukalapak Compare to Tokopedia and Elevenia. Semarang: Diponegoro University.
Atika, A. & Chandrabuwono, A. B. (2018). Public Service Ads of Reserving Peat Forest. Informasi, 48(2), 257-266.
AQUA. (2011). TENTANG AQUA. Retrieved in April 6, 2018, from http://www.aqua. com/tentang_aqua.
AQUA. (2013). KABAR AQUA. Retrieved in April 6, 2018, from http://www.aqua. com/kabar_aqua/berita-perusahaan/ temukan-indonesiamu?ref=pencarian.
Barthes, R. (1964). Elements of Semiology. New York: HILL and WANG.
Basuki, A. (2017). Makna Warna Dalam Desain. Surabaya: Politeknik Elektronika Negri Surabaya.
Cavallaro, D. (2004). Critical and Cultural Theory: Teori Kritis dan Teori Budaya. Yogyakarta: Niagara.
Danesi, M. (2004). Message, Signs, and Meaning: A Basic Textbook in Semiotics and Communication Theory. Canadian Scholars’ Press.
Dewi, Y. L., & Sugandi, M. S. (2019). Pengaruh Iklan Web Series Space # “Kenapa Belum Nikah?” Terhadap Brand Awareness JD.ID. Profetik Jurnal Komunikasi, 12(1), 141-148.
Elisa, & Firdaus, Y. (2015). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lifebuoy. Jurnal Managemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 299-308.
Fauzi, A. (2018). Analisis Wacana Iklan Pond’s Men #Lelaki Masa Kini Versi Rio Dewanto. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 9(2), 15-27.
Fikri, K. (2018). Analisis Pengaruh Penggunaan Teks di Gambar Iklan Terhadap Jangkauan dan Interaksi Konsumen. Profetik Jurnal Komunikasi, 11(2), 46-57.
Fiske, J. (1990). Cultural and Communication Studies. London: Routledge.
Hadadi, K., & Almsafir, M. K. (2014). The Impact of online Advertising on Proton Sales among expatriates in Malaysia. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 129, 274-281.
Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Juliyanti, A., & Zuhdi, S. (2012). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Djojonegoro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Kesatuan Bogor). Bogor: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Indonesia Bogor.
Kasali, R. (1995). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Umum.
KBI. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Kusumastutie, N. S., & Faturochman. (2004). Analisis Gender pada Iklan Televisi dengan Metode Semiotika. Jurnal Psikologi, 7(2), 130-141.
Lahitani, S. (2016). Aqua Bantu Ketersediaan Air Bersih di Dua Desa di NTB. Retrieved Juli 8, 2019, from Liputan6: https://www. liputan6.com/citizen6/read/2624831/ aqua-bantu-ketersediaan-air-bersih-di-dua-desa-di-ntb.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 116-129.
Morissan, M. A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dalam Pemasaran Sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 158-164.
Nuradi, W.D. (1996). Kamus Istilah Periklanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nurita, L. (2016). Pengaruh Pesan Iklan Tokopedia Versi “Ciptakan Peluangmu” Terhadap Minat Berbisnis Online. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Nursalim. (2014). Iklan dan Implikasinya dalam Pendidikan. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 255-264.
Poluan, J. G., Lumintang, G. G., & Untu, V. N. (2016). Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca Cola (Studi Kasus Pada PT. Bangun Wenang Beverage Company Manado). Jurnal EMBA, 4(3), 671-681.
Prasasti, E. R. (2017). Analisis Semiotika Iklan Buka Lapak Edisi Ibu Kosan di Televisi. Bandung: Universitas Pasundan.
Rahayu, N. U., & Afrianto, D. T. (2017). Representasi Citra Laki-laki dalam Iklan Gatsby Styling Pomade Kajian Semiotika Roland Barthes. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 9(1), 93-107.
Safutra, I. (2019). JawaPos. Retrieved Juli 18, 2019, from Bantuan Air Tangki untuk Warga Gunung Kidul yang Kekeringan: https://www.jawapos.com/jpg-today/20/06/2019/bantuan-air-tangki-untuk-warga-gunungkidul-yang-kekeringan/.
Suryono, J., & Astuti, P. I. (2013). Model Media Iklan Potensial Yang Tepat Sasaran Produk Unggulan UKM. Profetik Jurnal Komunikasi, 6(2), 17-26.
Suryono, J., Astuti, P. I., Rahayu, N. T., Widayati, M., & Hariyanto. (2019). Karikatur Iklan Politik Media Luar Ruangg Jangan Membeli Kucing dalam Karung. Profetik Jurnal Komunikasi, 12(1), 46-60.
Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Asnurul Novia Narendra
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
Informasi by http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.