PELATIHAN PENINGKATAN PENGGUNAAN KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN ANAK TERHADAP GURU-GURU DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Subaryanto Subaryanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparwoto Suparwoto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumarna Sumarna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Insih Wilujeng, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
etiap SMU di Daerah Istimewa Yagyakarta, baik SMlJ negeri maupun Swasta, telah memiliki komputer dalam jumlah
..,...,:c;ukup memadai. Tetapi pemanfaatannya masih terbatas untuk keperluan adrninistrasi, Mengingat kemampuan yang dimiliki rmputer, maka pemanfaatannya dapat dikembangkan untuk pembelajaran anak di dalam kelas. Berbagai kemampuan komputer
- - a dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran anak jika para guru berkemampuan dan terampil menggunakan komputer dan
z.embuat program serta benninat untuk mengembangkannya.
Tujuan dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk (I) melatih para guru agar dapat menggunakan dan
- embuat program pembelajaran berbantuan komputer (CAl) yang sesuai dengan keperluannya, (2) menghasilkan program
_ gram pembelajaran berbantuan komputer untuk beberapa pokok bahasan dari satu bidang studi, (3) melatih para guru
::JIUk dapat mengorganisir pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer di dalam kelas. Semuanya diharapkan dapat
-eningkatkan prestasi belajar para siswa. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi Universitas Negeri Yogyakarta
_:mg memiliki berbagai potensi untuk rnembantu para guru dalam menangani masalah pengajaran dan pendidikan pada
.znurnnya.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh 17 (tujuh belas) orang guru SMU DIY dan dilaksanakan dan
3Ilggal 23 Oktober 1996 s.d. tanggaI 9 Nopember 1996 dan rata-rata dari pukul 08.00 s.d. pukul 15.00 di Laboratorium
:- omputer Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta dan di Sekolah masing-masing peserta. Selama cegiatan berlangsung semua peserta berpartisipasi sangat aktif sehingga para peserta merasakan ada peningkatan baik cetrampilan, pengetahuan. maupun kemampuan yang berkaitan dengan penggunaan kornputer, pembuatan program
_Jembelajaran anak berbantuan komputer dan cara pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Selain itu
_. ga telah dihasilkan program pembelajaran untuk beberapa pokok bahasan dari satu bidang studi yang benar-benar dapat
diman fa atkan cepat. Komputer dengan perangkat lunak dan pendukungnya dapat menambahkan, memperbaiki,
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.5094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)