https://orcid.org/0000-0001-7983-4339;
Google Scholar ID: wpSSY1AAAAAJ;
Universitas Negeri Yogyakarta Indonesia
Menyelesaikan S1 Pendidiksn Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Yogyakarta dan S2 Manajemen di Universitas Sebelas Maret. Bidang minat utama penelitian: Administrasi Perkantoran dan Manajemen Sumber Daya Manusia
Joko Kumoro Universitas Negeri Yogyakarta
Yudit Ayu Respati Universitas Negeri Yogyakarta
Chusnu Syarifa Diah Kusuma Universitas Negeri Yogyakarta
PELATIHAN MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM
Wahyu Rusdiyanto,
https://orcid.org/0000-0001-7983-4339;
Google Scholar ID: wpSSY1AAAAAJ;
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Joko Kumoro,
Universitas Negeri Yogyakarta Yudit Ayu Respati,
Universitas Negeri Yogyakarta Chusnu Syarifa Diah Kusuma,
Universitas Negeri Yogyakarta
Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan kelas pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Program Pengabdian Masyarakat dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan guru dalam mengelola kelas pembelajaran daring mengingat pembelajaran daring masih akan dilaksanakan sampai keadaan pandemi covid-19 membaik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi : 1) metode ceramah, metode ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan kepada peserta mengenai konsep, urgensi dan prinsip pembelajaran daring. 2) Tanya jawab, metode tanya jawab digunakan untuk mengenali persoalan-persoalan terkait dengan materi ceramah dan untuk menjawab kesulitan yang dihadapi peserta dalam rencana pelaksanaan pembelajaran daring. 3) Praktik dan pendampingan pengelolaan kelas menggunakan Google Classroom. Kegiatan PPM telah dilaksanakan dengan baik serta telah memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan bagi peserta. Pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan adalah teori dan praktik mengenai pengelolaan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Kegiatan PPM diikuti oleh 108 peserta di hari pertama dan 111 peserta di hari kedua. Junlah peserta (khalayak sasaran) melebihi dari target yang telah ditetapkan
Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-Learning sebagai Pendukung Adaptive Learning dan Peningkatan Kompetensi Siswa SMK di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi (V) 2, 170-182.
Hidayah, Fitri. (2012). Penerapan E-learning sebagai Media Pembelajaran mata Diklat Pemrograman Web Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK N 2 Pengasih. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Prasojo, L. D., & Wibowo, U. B. (2014). Model Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Web di SMA N 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan (2) 1, 58-69.