KEPENTINGAN REZIM DALAM BUKU TEKS SEJARAH DI SEKOLAH

Moch. Dimas Galuh Mahardika, Universitas Sebelas Maret

Abstract


Sejarah dikenal sebagai sebuah disiplin ilmu pengetahuan yang mempelajari kehidupan manusia di masa lampau dengan berbagai dinamika dan perkembangannya. Posisi sejarah dalam pembelajaran di sekolah adalah untuk memberikan pemahaman tentang cara dan proses berpikir dalam mengkaji peristiwa-peristiwa masa lalu, serta yang tidak kalah penting adalah penamaman identitas sebagai sebuah bangsa kepada peserta didik. Bentuk lain historiografi dalam ruang lingkup pendidikan formal adalah buku teks. Buku teks di dalam pembelajaran sejarah menempati posisi penting. Sebagai salah satu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah, buku teks sudah selayaknya menyajikan fakta sejarah yang benar-benar objektif, yang tidak semata-mata memuat kepentingan rezim saja. Mengingat tujuan dari pembelajaran sejarah adalah untuk memberikan kesadaran sejarah kepada peserta didik supaya mereka benar-benar mengenal identitasnya. Siswa perlu untuk mengenali identitas bangsa mereka secara utuh, tidak selayaknya mereka menerima doktrin-doktrin yang memiliki kencenderungan politis, mereka harus diupayakan untuk membuka pikiran lebih luas dan membuka diri demi membangun pengetahuan sejarah yang kompleks, dan luas.


Full Text:

PDF

References


Abidin, N. F. 2015. Merajut Diskursus: Kajian Materi Ajar Pembelajaran Sejarah dalam Lembaga Pendidikan Formal Indonesia. Prosiding Third Graduate Seminar of History: Perkembangan Mutakhir Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Departemen Sejarah FIB UGM.

Ali, M. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. LKiS.

Carr, E. H. (2018). What is History? Penguin UK.

Hariyono. (2018). Pendidikan Sejarah dan Karakter Bangsa Sebuah Pengantar Dialog. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 1–22.

Harsutejo. (2010). Kamus kejahatan Orba: Cinta Tanah Air dan Bangsa (Cet. 1). Komunitas Bambu.

Husbands, C., Kitson, A., & Pendry, A. (2003). Understanding History Teaching. Open University Press.

Kartodirdjo, S. (2014). Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia. Penerbit Ombak.

Kochhar, S. K. (2008). Teaching of History. Grasindo.

Kuntowijoyo, P. D. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang Pustaka.

Leo Agung, & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Mahardika, M. D. G. (2020). Doktrin Politik Memori dalam Buku Pelajaran di Sekolah. Heuristik.id. https://heuristik.id/doktrin-politik-memori-dalam-buku-pelajaran-sejarah-di-sekolah/

Mc Gregor, K. (2008). Ketika Sejarah Berseragam: Membongkar Ideologi Militer dalam Sejarah Bangsa Indonesia. Syarikat.

Phillips, R. (2003). Reflective Teaching of History (reprinted). Continuum.

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfa Beta.

Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. 7(1), 9–17.

Sjamsuddin, H. (2000). Penulisan Buku Teks Sejarah: Kriteria dan Permasalahannya. Historia, 1(1).

Subagyo. (2011). Membangun Kesadaran Sejarah. Widya Karya.

Sumantri, M. (2015). Strategi Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Tosh, J. (2002). The Pursuit of History: Aims, Methods and New Directions in The Study of Modern History (Rev. 3rd ed). Longman.

Vickers, A. (2005). A History of Modern Indonesia. Cambridge University Press.

Widja, I. Gde. (1991). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Penerbit Angkasa.

Widja, I Gede. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 117–134.

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v16i1.33401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Moch. Dimas Galuh Mahardika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats