Peningkatan Kualitas Pembelajaran Praktik Rangkaian Listrik Melalui Penerapan Lesson Study

faranita surwi,

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan pola penerapan pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik, dan (2) mengetahui kompetensi yang dicapai mahasiswa pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik yang menerapkan pembelajaran berbasis lesson study. Metode pengembangan sistem pembelajaran yang diterapkan adalah lesson research dengan lesson study model Lewis (2002). Berdasarkan hasil kajian diperoleh pola penerapan pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik adalah: (1) mewajibkan  mahasiswa mempelajari materi yang akan dipraktikkan; (2) dosen menyampaikan tujuan praktikum dan melakukan apersepsi dengan baik; (3) mengadakan pretest; (4) memberi penjelasan singkat tentang teori pendukung; (5) praktikum dilaksanakan secara kelompok dengan jumlah anggota 3-4 orang; (6) melaksanakan praktikum sesuai prosedur dan membuat laporan sementara; (7) adanya umpan balik terhadap data yang diperoleh, (8) mahasiswa diwajibkan untuk menganalisis data dan membuat laporan praktikum. Penerapan lesson study dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik, adapun pencapaian nilai rata-rata untuk siklus I, II dan III berturut-turut sebesar 8,75; 8,77; dan 9,28.

 

Kata Kunci: kompetensi, lesson study, praktik rangkaian listrik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.