MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUGMENTED REALITY PENGENALAN KAMERA DAN TEKNIK FOTOGRAFI
Vivianti Vivianti, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Bisnis & Humaniora, Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRACT:
The purpose of this study was to develop learning media for camera recognition materials and photography techniques for class XI MM students at SMK Negeri 1 Godean, and to determine the feasibility and effectiveness of the media. Research & Development (R&D) is used as a method in this research. The development model used by ADDIE is analysis, design, development, implementation and evaluation. Collecting data using observation, interviews and questionnaires. The data were analyzed and tested to determine the feasibility and effectiveness of the media. The first test by media experts scored 89.28% (very decent). Tests by material experts get a score of 100% (very feasible). Testing by students obtained a score of 82.11% (decent). The effectiveness of the media in obtaining the N-Gain score is 43% (medium). It can be concluded that the learning media is feasible and effective to use in learning the introduction of cameras and photography techniques for class XI at the SMK N 1 Godean.
ABSTRAK:
Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran materi pengenalan kamera dan teknik fotografi untuk siswa kelas XI Multimedia (MM) di SMK Negeri 1 Godean, serta mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas media. Research & Development (R&D) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Model pengembangan yang digunakan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dan diuji untuk mengetahui nilai kelayakan dan efektivitas media. Pengujian pertama oleh ahli media memperoleh nilai 89,28% (sangat layak). Pengujian oleh ahli materi memperoleh nilai 100% (sangat layak). Pengujian oleh siswa memperoleh nilai 82,11% (layak). Efektivitas media memperoleh nilai N-Gain score adalah 43% (sedang). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak dan efektif digunakan pada pembelajaran pengenalan kamera dan teknik fotografi kelas XI di SMK N 1 Godean.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hariyanto, S. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan.
Munir, M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif kompetensi dasar register berbasis inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 184–190.
Pramuaji, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi pengenalan Corel Draw sebagai sarana pembelajaran desain grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189.
Ratnawati, D., & Vivianti, V. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2).
Santoso, M., Sari, C. R., & Jalal, S. (2021). Promosi Kampus Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 105–110.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakad Media Publishing.
Triatmaja, A. K., Muchlas, M., & Wardana, Y. (2021). Virtual Laboratorium Teknik Digital berbasis Mobile Virtual Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v6i1.45591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Elektro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Supported by:
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.