PENINGKATAN MOTIVASI, KEDISIPLINAN, DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MELALUI METODE GROUP INVESTIGASI

Tutik Ambarwati, SMP Negeri 2 Kalasan, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, kedisiplinan, dan prestasi belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Kalasan Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui Metode Group Investigasi (GI). Metode penelitian GI yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dikelas VIIE SMP Negeri 2 Kalasan dengan jumlah subjek 32 Siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, dengan penelitian dua siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan, demikian juga siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Hasil dari penelitian motivasi belajar mengalami peningkatan dari pra siklus 21,00%, siklus 1 66,78%, siklus 2 76,25%, Kedisiplinan belajar Pra Siklus 37,00 Siklus 1 70,17% Siklus 2 76,37% , Sedang untuk Prestasi Belajar Pra Siklus 21,88% Siklus 1 77,19% Siklus 2 81,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, kedisiplinan, dan prestasi belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Kalasan tahun 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui pembelajaran group investigasi. Dengan pembelajaran tipe grup investigasi menjadikan bersaingnya tiap kelompok yang akan berdampak pada peningkatan prestasi kelompok maupun individu.

Keywords


Motivasi, Kedisiplinan, Prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Mubiar. 2014. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rifika Aditama.

Ali, Muhammad. 2010. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Aqip, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Rama Widya.

Aqip, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: CV.Yrama Widya.

Asy Mas’udi. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.

Eko Putro W. 2015 . Evaluasi Program Pembelajaran. Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evelinen Siregar, & Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media Gredler,

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hamiyah, Nur & Muhammad Jauhar. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas.Jakarta: Prestasi Pustaka

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kompri. 2015. Motifasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Margaret E.Bell. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT.Raja Grafindo: Persada.

Maryanto, A. 1994. Kurikulum Lintas Bidang Studi. Jakarta: Gramedia

Sudrajat, supermini, satriyo. 2015. Strategi Cooperative Learning Sebagai Peningkatan Kualitas Pembayaran IPS di SMP, Jipsindo, 2(2) 120-142

The Liang Gie. 1995: 167 Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.