Development of “Tikrar Space" multimedia based on drill and practice for Arabic vocabulary learning
Muhibuddin Fadhli, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Saida Ulfa, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.
Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning methods and development 3rd. Pearson Educational Company.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fajriah, Z. (2015). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) melalui penggunaan media kartu kata bergambar (penelitian tindakan pada siswa Kelas I MI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107–126. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.07
Fauzet, F. D. (2016). Taksonomi Bloom-revisi: Ranah kognitif serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 436–444. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/90
Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan multimedia drill and practice meningkatkan kecakapan bahasa Jepang ungkapan sehari-hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 187–198. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187
Hakim, M. L., Akhyar, M., & Asrowi. (2019). Efektifitas multimedia interaktif untuk bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP IT Al Huda Wonogiri. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Geotik, 112–118. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10803
Havizul, H. (2020). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS di sekolah dasar menggunakan model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283–297. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202
Herliana, I. C., Kurniasih, & Heryanto, D. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/22916
Jamroh, N. M. B., & Nisa, K. (2021). Implementasi metode drill dalam meningkatkan hafalan kosakata bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 1(02), 317–333. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v1i02.1405
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
Kurniawan, D. E., Dzikri, A., Widyastuti, H., Sembiring, E., & Tiurma Manurung, R. (2019). Smart mathematics: A kindergarten student learning media based on the drill and practice model. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012037
Lestari, K., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2020). Multimedia drill and practice belajar kosa kata bahasa Jepang untuk siswa lintas minat. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 415–424. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p415
Limbong, T. & Simarmata, J. (2020). Menentukan matakuliah yang efektif belajar daring (belajar dan ujian) dengan metode multi-attribute utility theory (MAUT). Jurnal RESTI: Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 4(2), 370–376. https://doi.org/10.29207/resti.v4i2.1851
Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139164603
Mona, D. (2021). Multimedia Power Point interaktif pembelajaran praktik vokal. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 9(2), 164–177. https://doi.org/10.5281/zenodo.4909648
Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan kuis interaktif nahwu sebagai media pembelajaran drill and practice pada pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 203–212. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p203
Nuritno, R., Raharjo, H,, & Winarso, W. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 2(1), 1-10. https://doi.org/10.24235/itej.v2i1.11
Nursehah, U., & Rahmadini, R. (2021). Penerapan metode drill and practice untuk meningkatkan kreativitas siswa di SDIT Enter Kota Serang. Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 73–82. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14886371436345265280&hl=en&oi=scholarr
Padlurrahman, P. (2019). Perbedaan hasil belajar teknik penulisan karya ilmiah antara mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan metode drill and practice dengan metode tutorial. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 14-24. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i1.1348
Paramita, G. A. P. P., Gede Agung, A. A., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku cerita bergambar guna meningkatkan keterampilan membaca muatan pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499
Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi kuadrat dengan metode drill and practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131-146. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11785
Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis Android menggunakan prinsip Mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752
Rofidah, R., Junus, M., & Hakim, A. (2020). Analisis perbandingan buku teks fisika siswa SMA kelas XI antara buku sekolah elektronik (BSE) dan buku non BSE ditinjau pada komponen kelayakan isi, penyajian materi ajar, penyajian pembelajaran, dan kebahasaan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 97–104. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.351
Rukmana, A. Y., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Penggunaan teknologi dalam pendidikan: Analisis literatur mengenai efektivitas dan implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541
Safitri, I. T., & Ammar, F. M. (2023). Enhancing Arabic vocabulary acquisition through interactive multimedia: A qualitative study. Indonesian Journal of Education Methods Development. 18(4), 1–11. https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i4.784
Sari, R., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2021). Pengembangan multimedia drill and practice untuk meningkatkan kemampuan vocabulary bahasa Jepang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p001
Schwier, R. & Misanchuk, E. R. (1993). Interactive multimedia instruction. Educational Technology Publications.
Seels, B. & Glasgow, Z. (1998). Making Instructional Design Decisions. Merril Education.
Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Sinaga, W. S. E., Yusnaidar, Syahri, W., & Muhaimin. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbentuk aplikasi Android berbasis multipel representasi pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 81–91. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i2.37602
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif. kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian tindakan. Alfabeta.
Thoyib, F. M., Jinan, M., & Hidayat, S. (2023). Penggunaan teknologi multimedia dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab dengan buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 7(2), 213-222. https://doi.org/10.23917/iseedu.v7i2.24201
Wekerle, C., Daumiller, M., & Kollar, I. (2022). Using digital technology to promote higher education learning: The importance of different learning activities and their relations to learning outcomes. Journal of Research on Technology in Education, 54(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1799455
Widyardi, T., Sulianto, J., Azizah, M., & Kurniasari, N. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar Kelas 4 di SD Negeri Sawah Besar 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4567–4573. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5955
Wijaksono, A. (2020). Pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis aplikasi Android. At-Turost : Journal of Islamic Studies, 7(2), 165–185. https://doi.org/10.52491/at.v7i2.33
Zahra, F., Wahyudiana, E., & Hadi, W. (2021). Pengembangan media interaktif Powerpoint berbasis model discovery learning pada muatan IPA kelas IV SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 104–112. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058
Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media PowerPoint interaktif sebagai media pembelajaran tematik kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 75–81. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1205
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i4.77834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Nurhidayah, Muhibuddin Fadhli, Saida Ulfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics