PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS VII

Erwin Januarisman, SMK N 1 Kopang Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Anik Ghufron, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran IPA berbasis web. (2) mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran IPA berbasis web. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan metode penelitian Borg & Gall  dan metode pengembangan Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Penelitian menunjukan hasil sebagai berikut. (1) Produk berupa media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran IPA menggunakan software CMS (Content Management System) Wordpress. (2) Produk media pembelajaran berbasis webpada mata pelajaran IPA telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3,98 dengan kategori “Baik”, ahli media dengan nilai rata-rata 4,07 dengan kategori “Baik”, uji coba lapangan awal diperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,13 dengan kategori “Baik” dan uji coba lapangan utama diperoleh nilai gain untuk SMP Muhammadiyah 2 sebesar 22,2, SMP N 2 sebesar 24, SMP N 3 sebesar 21,6 dan SMP N 5 sebesar 19,6. (3) Keefektifan media pembelajaran IPA berbasis web dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa berdasarkan data hasil evaluasi pretest dan posttest.

Kata kunci: efektivitas, media pembelajaran berbasis web, IPA.

 

DEVELOPING WEB-BASED LEARNING MEDIA ON NATURAL SCIENCES LESSON FOR THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMP

Abstract

The purposes of this research were to: (1) generate product in the form of web-based science learning media. (2) reveal the feasibility and effectiveness of the product developed. The type of this research was a research and development (R&D) using method by Borg and Gall and method development by Alessi & Trollip. The development procedure included the planning, design, and development. The results of this research is as follows. (1) A product of media web-based learning in science subjects was developed using software CMS (Content Management System) Wordpress. (2) The product was considered eligible as a medium of learning based on the results of the validation of materials expert with an average score of 3.98 with the category of “good”, media experts average score is 4.07 with the category of “Good”, the initial field trial score is 4.13 with the category “good”, and the main field trials score obtained for SMP Muhammadiyah 2 is 22.2, SMP N 2 is 24, SMP N 3 is 21.6 and SMP N 5 is 19.6. (3) The effectiveness of the web-based science learning media is shown by the increase of student learning outcomes based on evaluation data of pretest and posttest.

Keywords: effectiveness, media web-based learning, Natural Sciences Lesson


Keywords


efektivitas;media pembelajaran berbasis web;IPA;Effectiveness;media web-based learning;Natural Sciences Lesson

Full Text:

PDF

References


AECT. (2004). AECT definition and ter-minology committee document: the meanings of educational technology. Diambil pada tanggal 27 September 2014, dari: https://www.tlu.ee/~kpata/haridustehnoloogiaTLU/defineeducationaltechnology.pdf.

Alessi M. Stephen & Trollip R. Stanley. (2001). Multimedia for learning, methods and development. United States: Pearson Education Inc.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet In-donesia. (2015). Profil pengguna internet indonesia 2014. Perpustakaan Nasional Rl: Katalog Dalam Terbit-an (KDT). Penerbit: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research. an introduction. New York: Longman.

Cantillon, P., Jollie, C., and McKimm, J. (2003). Web-based learning. PubMed Center. Vol. 326.

Dick, W., & Carey, L. (2005). The systematic design of instruction (6th ed). Boston: Person.

Ismaniati, C. (2012). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Ti-dak diterbitkan.

Kemendikbud. (2014). Ilmu pengetahuan alam untuk SMP/MTS kelas VIII buku guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maran, C.M., Selvaraj. C., & Ravikumar, B. (2011). Effetiveness of multimedia learning in higher education. International Journal of Multimedia Tech-nology, IJMT Vol.1 No.2 2011 PP.88-92.

Miarso. Y. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Prenata Media.

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesionalisme abad 21. Bandung: Alfabeta.

Saputro, H. W. (2007). Pengertian website dan unsur-unsurnya. Bandung. Di-ambil pada tanggal 5 Agustus 2014, dari http://balebengong.net/teknologi/2007/08/01/pengertian-website-dan-unsur-unsurnya.html.

Sukardjo. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Supriyono, K., & Sugirin, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran membaca bahasa inggris smp berbasis web. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 49-64. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2459/2045.

Surjono, H. D. (1999). Pemanfaatan internet untuk memperbaharui model pengajaran di perguruan tinggi. Cakrawala Pendidikan. No.4 (XVII): 162-166.

Surjono, H. D. (2012, Oktober). Implementasi ICT dalam pembelajaran IPA. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA IV di Universitas Negeri Yogyakarta.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course e-learning Berbasis Moodle (2rd ed). Yogyakarta: UNY Press.

Zhu, J. (2010). The development and applied research of e-learning resources. International Journal of International Conference on e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Erwin Januarisman, Anik Ghufron

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics