PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar yang layak untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kemandirian belajar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian yaitu: (1) perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar layak digunakan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kemandirian belajar. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kemandirian belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan analisis paired simple t-test yang menghasilkan signifikansi sebesar 0,000.
Keywords
thematic integrative instructional kit, surrounding environment, environment caring, learning autonomy
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.45269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats