PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR

Tiok Wijanarko,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar yang layak untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan,  dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kemandirian belajar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian yaitu: (1) perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar layak digunakan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kemandirian belajar. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kemandirian belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan analisis paired simple t-test yang menghasilkan signifikansi sebesar 0,000.

Keywords


thematic integrative instructional kit, surrounding environment, environment caring, learning autonomy



DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.45269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats