Akuntabilitas dan transparansi manajemen keuangan dalam mensejahterakan guru dan anak didik di TK Alfadlillah Maguwoharjo Yogyakarta

Maria Ulfa, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta

Abstract


Alasan penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap perubahan sekolah setelah menggunakan prinsip-prinsip manajemen pembiayaan, salah satunya yaitu akuntabilitas dan transparansi. Sebelum menerapkan dua prinsip ini, antara guru dan kepala sekolah tidak saling terbuka terkait manajemen pembiayaan, sehingga terdapat sejumlah uang yang disalahgunakan oleh kepala sekolah. Tetapi setelah pergantian kepala sekolah, kemudian dua prinsip ini diterapkan. Hal ini mendatangkan banyak perubahan dan manfaat tidak hanya kepada guru-guru sebagai pengajar, akan tetapi orang tua dan anak didik yang berada di dalamnya lebih interaktif dan komunikatif. Dengan adanya perubahan ini guru merasa lebih sejahtera. Tidak hanya guru, permainan anak-anak juga semakin bertambah banyak. Peneliti mengamati setiap fenomena yang terjadi di lapanan hingga memperoleh sebuah makna. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian di TK Alfadlillah Maguwoharjo Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui tiga cara yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini ialah: dengan akuntabel dan transparansinya manajemen keuangan, membuat antar guru saling terbuka dan memahami kebutuhan sekolah, guru semakin memiliki ikatan keluarga, merasa lebih sejahtera, melalui uang tersebut dapat mendesain kelas, dan menambah permainan outdoor serta tidak ada kecemburuan sosial.


Keywords


akuntabilitas, transparansi, kesejahteraan guru, dan manajemen keuangan

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2012. Manajemen Peningkatan Mutu Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmadi. 2018. Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. 1st ed. lampung tengah: Geupedia.

Depdiknas. 2008. Manajemen Sekolah. Jakarta.

El-khuluqo, Ihsan. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikn Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristiawan, Muhammad. 2017. Manajemen Pendidikan. edited by M. . Dr. H. Syarwani, Ahmad, M. S. Dr. H. Tobari, and M. P. Dr. Edi Harahapan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Matin. 2013. Perencanaan Pendidikan: Perspektif Proses Dan Teknik Dalam Penyususnan Rencana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Mesiono. 2017. Manajemen Pendidikan Raudhatul Athfal Pengantar Teori Dan Praktik. Depok: Prenanda Media Group.

Musfah, Jejen. 2016. Analisis Kebijakan Pendidikan (Pendidikan Nirkreasi). 1st ed. Jakarta: Prenanda Medi Group.

Rahmah, Nur. 2016. “Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah.” Manajer Pendidikan 1(1):73–77.

Suyadi. 2011. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wardan, Khusnul. 2019. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Wuyani, Novan Ardy. 2015. Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta: Gaya Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.29110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats