Kemampuan gerak dasar kanga escape dan lempar turbo pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang
Dennis Dwi Kurniawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji kemampuan gerak dasar Kids atletik pada kategori Kanga Escape dan Lempar Turbo siswa SD di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian menggunakan rancangan survei dan pendekatan penelitian berupa metode observasi. Subjek penelitian ini siswa Sekolah Dasar di Kecamatan berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan tes kangas escape pada ketegori cukup jumlah 28 orang (46,67%), hasil tes lempar Turbo pada di ketegori cukup jumlah 21 orang (35%). Simpulan penelitian bahwa kemampuan gerak dasar Kids atletik siswa SD di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dominan cenderung berada pada kategori “cukup”.
Kemampuan gerak dasar kanga escape dan lempar turbo pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang
The purpose of this study was to determine and assess the basic movement abilities of athletic kids category Kanga Escape and Turbo Throw in elementary school students in Kedungkandang district, Malang city. The study used a survey design and a research approach in the form of an observation method. The subjects of this study were 60 elementary school students in the district. The results showed that the kangas escape test was in the sufficient category of 28 people (46.67%), the results of the Turbo throw test in the sufficient category were 21 people (35 %). The conclusion of this research is that the basic movement ability of elementary school students athletic in Kedungkandang sub-district, Malang city tends to be in the "enough" category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiq, Fahrial. 2014. Futsal (Sejarah, Teknik Dasar, Persiapan Fisik, Strategi, Dan Peraturan Permainan). Malang: Universitas Negeri Malang
Apriyadi, I., Dwi Rosella, K., St FT, S., & Santoso, T. B. (2014). Pengaruh Agility Ladder Exercise Dengan Metode Lateral Run Terhadap Peningkatan Kelincahan Lari Pada Atlet Sepakbola Usia 13 Tahun DiSekolah Sepak Bola Jaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Bompa, T., & Buzzichelli, C. 2015. Periodization training for sports, 3e. Human kinetics.
Burhaein, E. 2017. Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1).
Emral. 2017. Pengantar Teori dan Metodologi Pelatihan Fisik. Kencana
Hardiansyah, S. (2018). Analisis Kemampuan Kondisi Fisik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Menssana, 3(1), 117-123.
Harsono. 2015. Periodisasi Program Pelatihan. Remaja Rosdakarya.
Harsono. 2015. Teori dan Metodologi Kepelatihan Olahraga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, S. 2014. Pelatihan Olahraga. Teori dan methologi. Graha Ilmu.
Hindriani, D. (2018). Analisis Kemampuan Kids Athletics Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 23-31.
Irianto, D. P. dkk. 2009. Dasar Kepelatihan Olahraga. Diktat. FIK UNY.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Russ Media
Lumintuarso, R. 2013. Pembinaan Multilateral Bagi Atlet Pemula. UNY Press.
Lumintuarso, R. 2020. Pembinaan Multilateral Bagi Atlet Pemula. Edisi Revisi. UNY Press.
Mardiana. 2013. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Universitas Terbuka
Meirawati, N., & Nurrochmah, S. 2020. Kemampuan Kecepatan Gerak Dan Daya Ledak Otot Siswa Pplp Jatim Di Kediri Cabang Olahraga Atletik. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 28–34. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Muliadi, M., Kadir, A., Darwis, A. A., & Islam, M. F. (2017, October). Penerapan Pendekatan Permainan Hijau-Hitam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Cepat (Sprint) Siswa Kelas V Sd 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2, No. 1).
Nurdiansyah, N., & Susilawati, S. (2018). Pengaruh Latihan Plyometric Hurdle Hopping Terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 17(1).
Nurrochmah, S. 2016. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan. UM Press.
Prativi, Gilang. O. 2013. Pengaruh Aktivitas Olahraga terhadap Kebugaran Jasmani. Journal of Sport Science and Fitness, 2(3).
Prihatin, E. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Prihatin, E. 2014. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Rahmad, H. A. 2016. Pengaruh Penerapan Daya Tahan Kardiovaskuler (Vo2max) Dalam Permainan Sepakbola Ps Bina Utama. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).
Rohman, U., & Effendi, M. Y. (2019). Profil Kondisi Fisik Atlet PPLP Pencak Silat Jawa Timur. Journal Physical Education, Health and Recreation, 3(2), 112-121.
Saniyah, U. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO DENGAN METODE BERMAIN LEMPAR BOLA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1).
Suyono & Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wiarto, G. 2015. Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Laksitas.
Widodo, S. (2010). Cara Mengembangkan Kecepatan Lari. Pendidikan Dan Kepelatihan Olahraga, 3(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj