PENINGKATAN KETERAMPILAN HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI METODE ELECTRICAL CHARGES PADA SISWA KELAS V SD

Muginah Muginah, SD Negeri 1 Kadipiro Kasihan Bantul, Indonesia
Djamilah Bondan Widjajanti, Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hitung bilangan bulat dengan model electrical charges pada siswa kelas V SD 1 Kadipiro, Kasihan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan Model Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dari (1) nilai rata-rata kelas minimal 70, (2) minimal 80% siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65, dan (3) minimal 80% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Electrical Charges dapat meningkatkan keterampilan operasi hitung bilangan bulat. Hal itu terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian. Di antaranya (1) hasil tes menunjukkan nilai rata-rata kelas 73,6 (2) persentase siswa yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 91%, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran operasi bilangan bulat dengan model Electrical Charges100% dalam kategori baik.


IMPROVING INTEGER OPERATION SKILLS WITH ELECTRICAL CHARGES MODEL OF FIFTH GRADE STUDENTS


ABSTRACT

The aim of this research is to improve the integer operation skills using the electrical charges model in the fifth grade students of SD 1 Kadipiro, Kasihan, Bantul. This research is a classroom action research of two cycles. Each cycle follows the stages in Kemmis and Taggart model including: planning, action and observation, and reflection. The criteria of success were (1) the averages of test scores increased, (2) minimum 80% students exceeded the minimum achievement criterion, and (3) the criteria of the students’ responses to learning integer were in a good category (80%). The results show that the use of the electrical charges model can improve the integer operation skill. The criteria of this research can be achieved: (1) the average of the test results are 73,6, (2) the percentage of the students who exceed the minimum achievement criterion is 91%, and (3) 100% of students responses to learning activities are in good criteria.

Keywords: operation skill, integer, electrical charges model.

Keywords


keterampilan hitung; bilangan bulat; model electrical charges

Full Text:

PDF

References


D’Augustine, C., & Smith, C. W. Jr. (1992). Teaching elementary school matematics. New York: Harper Collins Publishers

Feldman, R. S. (2012). Dicovery the life span second edition. Amherst, Massachusetts, America USA: Pearson Prentice Hall

Ibrahim & Suparni. (2009). Strategi pembelajaran matematika.Yogyakarta: Sukses offset.

Immergut, B.ED. D., & Smith, J.R. (2005). Arithmetic and algebra ( ) New York: McGraw-Hill.

Kemendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: CV. Eko Jaya.

Kemmis, S. & Mc. Tanggart, R. (1990). The action research planner. Warrnambol, Victoria: Deakin University Press.

Nitin, P. (2012). Integer operation. Diambil pada tanggal 3 Mei 2013 dari http://www.articlessolve.com/articledetail.php?artid=360269&catid=117

Santrock, J. W. (2012). Life-span development perkembangan masa-hidup. (Terjemahan Benedictine Widyasinta) McGraw-Hill Companies (Buku asli diterbitkan tahun 2011).

Subakri, M. (2011). Metode kedap-kedip menjadikan bilangan bulat lebih mudah diselesaikan. Diambil pada tanggal 6 April 2013 dari http://ayomendidik. wordpres.com/2011/09/14.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Trima, M. (2012). Upaya meningkatkan ketrampilan operasi hitung bilangan bulat melalui alat peraga pada siswa kelas IV SD Negeri Mentel I Hargosari Tanjungsari Gunungkidul Yogyakarta. Diambil tanggal 13 April 2013 dari http://eprint.uny.ac.id 5908.

Unal, Aydin, Z., Ipek, Sabri, A. ( 2009). The effect of realistic mathematics education on 7th grade students’chievements in multiplication of integers”International Journal Education. Egitim ve Bilim no 34,152-160.

Walle, J. A.V. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah. (Terjemahan Suyono).Jakarta: Erlangga

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik penyusunan instrument penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats