PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN
Siti Partini Suardiman, Prodi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara siswa dengan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik, dan siswa yang memperoleh pembelajaran TGT dan NHT, (2) mengetahui mana yang lebih baik prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan TGT atau NHT.Sampel dari enam Sekolah Dasar (SD) yang terdiri atas kelas IV sebanyak 92 siswa ditentukan dengan cluster random sampling. Pengumpulan dara dilakukan dengan menggunakan angket gaya belajar dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, one way anova, uji independent t test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa dengan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik pada pembelajaran TGT dan NHT, serta ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran TGT dan siswa yang memperoleh pembelajaran NHT, (2) prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran TGT lebih baik dari pada model pembelajaran NHT. Siswa SD masih senang bermain, sehingga tidak dominan dengan satu gaya belajar. Pembelajaran TGT bisa meningkatkan prestasi belajar matematika siswa karena siswa dituntut lebih aktif mulai dari diskusi sampai turnamen.
Kata kunci: prestasi belajar, gaya belajar, TGT, NHT
THE DIFFERENCES IN MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT SEEN FROM LEARNING STYLES AND LEARNING MODEL
Abstract
This study aims to: (1) know the difference between mathematics learning achievement of students with auditory, visual, and kinesthetic learning styles and receiving TGT and NHT learning (2) know which one has higher mathematics achievement between students who is TGT or NHT.92 students of grade IV from 6 elementary schools were taken as samples using cluster random sampling technique. Data collection was done by using learning style questionnaires and learning achievement tests. The data analysis technique used was statistics descriptive, one way anova, independent t test.The results of this study indicate that: (1) there is no difference in mathematics achievement between students with auditory, visual, and kinesthetic learning style, (2) the are differences in mathematics achievement between students who received TGT learning and students who received NHT, (3) students with TGT learning model have higher mathematics learning achievement than those with NHT. Elementary school students still love to play, so they are not dominant with one learning style. TGT learning can improve students’' mathematics achievement as students demanded to be active from the discussion to the tournament.
Keywords: achievement, learning styles, TGT, NHTKeywords
Full Text:
PDFReferences
Huda M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Isu-isu metodis dan Paradigmatis. Malang: Pustaka Pelajar
Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Suparno, P. (2005). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius
Purwanto, M.N. (2013). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.
William, R., & Jacson, Z. 2006. Instructional classroom; Learning environments; sociocultural theory. [Versi elektronik]. International Journal of Science and Mathemathics Education, 4, 7, 25-33.
De Porter De Porter, B & Hernacki, M. (2006). Quantum learning. Bandung: PT Mizan Pustaka
Suharsimi, A. (2002). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Prima Edukasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |