Perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide pada praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin

Hanifa Andisetyana Putri, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 74 siswa TK Negeri Pembina Sragen. Instrumen yang digunakan adalah checklist mencuci tangan. Teknik analisis data menggunakan two way anova. Hasil: 1) Ada perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,005; 2) Ada perbedaan pengaruh kelamin laki-laki dan perempuan terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,000; 3) Tidak ada interaksi antara media pembelajaran terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin, dengan nilai p=0,377. Kesimpulan: Tidak ada interaksi antara media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. 



Keywords


media lagu; slide; jenis kelamin; praktik mencuci tangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats