Pendidikan Agama Islam Non Formal dalam Setting Inklusif bagi Anak dengan Hambatan Pendengaran

Bayu Pamungkas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Zaenal Alimin, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi anak dengan hambatan pendengaran di Masjid Khoiru Ummah Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan desain studi kasus. Teknik observasi partisipatif dan wawancara semi terstruktur terhadap subjek penelitian yakni tiga pembimbing anak dengan hambatan pendengaran dan tiga anak dengan hambatan pendengaran digunakan untuk pengumpulan data. Dari penelitian ini diperoleh data hasil penelitian sebagai berikut: (1) dalam proses pendidikan  terdapat lima kegiatan pendidikan agama. Seluruh pelaksanaan kegiatan melibatkan masyarakat umum, BISINDO digunakan sebagai sistem komunikasi utamanya selain penggunaan Komunikasi total, Contextual Teaching and Learning diterapkan sebagai metode pembelajaran, serta materi pendidikan agama yang diajarkan disesuaikam; (2) dalam setting kegiatan terdapat tiga setting yang disesuaikan dengan kompleksitas materi yang diajarkan; (3) profil anak dengan hambatan pendengaran yang mengikuti pendidikan agama adalah anak dengan hambatan pendengaran usia remaja. Mereka juga mengajak anak dengan hambatan pendengaran lain untuk ikut bergabung; (4) terkait profil pembimbing anak dengan hambatan pendengaran, mereka adalah masyarakat yang sukarela membimbing anak dengan hambatan pendengaran yang kemudian mengikuti pelatihan intensif; (5) hasil pendidikan agama menunjukkan bahwa anak dengan hambatan pendengaran memiliki kefahaman beragama, ketaatan dalam beribadah dan hubungan bermasyarakat yang baik.

Keywords


Pendidikan Agama Islam, Non Formal, Inklusif, Anak dengan Hambatan Pendengaran

Full Text:

PDF

References


Ancok, D. 2005. Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bunawan, Lani. 1997. Komunikasi Total. Jakarta: Depdikbud

Cartledge, G. & Milburn (1993). Teaching Social Skill to Children. New York: Pergamon Press

Creswell, J. W. 2008. Educational Research – Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. Third Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc

Depdiknas. 2003. Pendekatan Konstektual, tentang Contextual Teaching And Learning. Depdiknas

Manik, Z.S. (2011). Pendidikan Inklusif. Diperoleh 11 Maret 2013, dari http://www.google.com/pendidikan/inklusif/presentation-transkrip

Rohmah, S. M. 2010. Pendidikan Agama Islam Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Thesis

Smith, J. D. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Nuansa

Soliha, Eli. 2012. Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Iqro Jilid 1 Pada Anak Tunarungu. Diperoleh 15 November 2014 dari www.repository.upi.edu

Somantri, Sutjiihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Subakti. 2011. Implementasi Pendidikan Agama Islam di SD Islam Terpadu (Studi Deskriptif pada SD Plus Islam Terpadu Bhaskara Sukamelang Subang). Jurnal Pendidikan Forum Tarbiyah

Sunarti, E. 2012. Model Pembinaan Keagamaan di Masyarakat Melalui Majelis Taklim (Studi Kasus di Majelis Taklim Miftahussa’dah Cianjur). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tarsidi, Didi. 2002. Kompetensi Sosial Anak Tunanetra. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Utami, Y.T. 2014. Sikap Siswa Tunarungu Terhadap SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) di SLB B Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis

Wendawati, W. N. Program Pembelajaran Kosa Kata melalui Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Tunarungu Kelas II SDLB B Di SLB N Subang. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis

Wibowo, A. M. 2011. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Luar Biasa di Propinsi Bali. Jurnal Pendidikan Forum Tarbiyah




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v16i1.29645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter