Peran Bimbingan dan Konseling di Sekolah Inklusif
Wiwin Yuliani, IKIP Siliwangi, Indonesia
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran bimbingan dan konseling dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah-sekolah formal, utamanya pada jenjang TK, SMP, dan SMA. metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang guru BK, di antaranya yaitu, 1) Sr guru BK dari SMP Negeri 3 Bale endah Kabupaten Bandung, 2) NE pengurus dari Yayasan Arafah Mukapayung Cililin, dan 3) MY guru BK dari SMA Negeri 1 Marga Asih. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran BK dalam pendidikan inklusif di sekolah yaitu; a) mengidentifikasi siswa berkebutuhan khusus melalui alat tes maupun non tes, b) menyusun program pendidikan khusus/inklusif, c) pelaksanaan layanan BK terhadap siswa berkebutuhan khusus beragam disesuaikan dengan jenisnya, temporer atau permanen.
Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Inklusif, Sekolah Formal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT Refika Aditama
Laelasari, E. dan Rahmawati, A. (2017). Pengenalan Pendidikan Nonformal dan Informal. Tersedia [online] 02 Bahan ajar Pengenalan PNF Revisi 2018 B5.pdf (kemdikbud.go.id. (diakses tanggal 16 November 2020)
Ilahi,MT. (2013). Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Depok: Arruzz media
Mumpuniarti, M., & Lestari, P. H. K. (2018). Kesiapan guru sekolah reguler untuk implentasi pendidikan inklusif. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 57-61.
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 70 TAHUN 2009 TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KELAINAN DAN MEMILIKI POTENSI KECERDASAN DAN/ATAU BAKAT ISTIMEWA)
Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Ulfha, N. (2019). PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI INKLUSIF KOTA BANDA ACEH. ETD Unsyiah.
Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset
Witono, A. H. (2020). PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF. PROGRES PENDIDIKAN, 1(3), 154-167.
Yusuf, S. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.37011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our Journal has been indexed by:
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.