FAKTOR HEREDITAS DAN LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER
Eva Latipah, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
A. Munawwir, Interdisciplinary Islamic Studies, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Setiap manusia diciptakan dengan berbagai macam keunikannya dengan karakteristik masing-masing. Faktor hereditas dan lingkungan dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi pro- ses pembentukan karakteristik setiap individu. Hereditas dipandang sebagai faktor bawaaan yang di turunkan dari orang tua pada anak baik fisik maupun psikis sejak masa konsepsi melalui gen-gen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam faktor hereditas dan lingkungan dalam mem- bentuk karakter dengan titik fokus melihat pada faktor manakah yang lebih dominan dalam pemben- tukan karakter individu. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Sumber data dalam peneli- tian ini berupa buku-buku, jurnal dan situs-situs dari internet yang memiliki kaitan dengan topik yang diteliti. Teknik pengumupan data dalam penelitian ini yaitu studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, penulis menemu- kan bahwa faktor hereditas dalam diri individu dipandang mempengaruhi dalam perkembangan jas- mani seperti warna kulit, warna mata, jenis rambut, dan sebagainya. Beberapa bentuk kepribadian dan perilaku sosial dapat merujuk pada faktor lingkungan.
HEREDITY AND ENVIRONMENT FACTORS IN BUILDING CHARACTERS
Every human being is created with a variety of uniqueness with each characteristic. Here- dity and environmental factors are seen as factors that influence the process of forming the charac- teristics of each individual. Heredity is seen as a hereditary factor that is passed down from parents to children both physically and psychologically since the conception through genes. This study aims to examine more deeply the heredity and environmental factors in shaping character with a focus point to see which factors are more dominant in shaping individual characters. This research is a type of li- brary research. The data sources in this study are books, journals and websites from the internet that are related to the topic under the study. The data collection technique in this research is document stu- dy. The data analysis used content analysis. Based on the results of the study conducted, the authors found that heredity factors in individuals are seen as influencing physical development such as skin color, eye color, hair type, and so on. While some forms of personality and social behavior can refer to environmental factors.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amini, N. & Naimah. (2020). Faktor hereditas dalam mempengaruhi perkembangan intelligensi anak usia dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108-124. DOI: https://doi.org/10.46244/buahhati.v 7i2.1162.
Anisah, A.S. (2011). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70-84. DOI: http:/dx.doi.org/10.52434/jp.v5i1.4.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru, 5(1), 102-122. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421.
Daimah & Niam, Z.W. (2019). Landasan filosofis pembelajaran agama Islam perspektif hereditas, lingkungan, kebebasan manusia dan inayah Tuhan. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 158-172. DOI: https://doi.org/- 10.37758/jat.v2i2.159.
Fathurrohman, M. (2016). Pembawaan, keturunan, dan lingkungan dalam perspektif Islam. Kabilah: Journal of Social Community, 1(2), 379-406. Retrieved frohttp://ejournal.kopertais4.or.- id/madura/index.php/kabilah/arti- cle/view/2868.
Hadi, I. A. (2017). Pentingnya pengenalan tentang perbedaan individu anak dalam efektivitas pendidikan. Inspirasi: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 71-92. Retrieved from https://ejournal.undaris.ac.id/index. php/inspirasi/article/view/5.
Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di Kecamatan Ampek Angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(1). DOI: https://doi.org/- 10.24036/1623.
Maragustam. (2018). Filsafat pendidikan Islam menuju pembentukan karakter. Yogyakarta: Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Mirzaqon, A. (2018). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling expressive writing. Jurnal BK UNESA, 8(1), 1-8. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/ view/22037.
Prasanti, D., & Fitriani, D. K. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: keluarga, sekolah, dan komunitas? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2.
Pratiwi, A.R., Mufliha, D., & Adini, P. (2020). Sumber perbedaan individu pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 134-148. DOI: https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i1.629 .
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuanti tatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sholihah, D. & Niam, Z.W. (2019). Landasan filosofis pembelajaran agama Islam perspektif hereditas, lingkungan, kebebasan manusia dan inayah Tuhan. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 158-172. DOI: https://doi.org/10.37758/jat.v2i2.159.
Stenberg, R.J., & Preiss, D.D. (2010). Innovations in educational psychologi: perspektives on learning, teaching, and human development. New York: Springer Publishing Company.
Tibahary, A.R., & Muliana, M. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64. Retrieved from http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/12.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.38234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Karakter
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.
Jurnal Pendidikan Karakter Support by:
Jurnal Pendidikan Karakter indexed by: