Upaya menumbuhkan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi nasional
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanto, S., Rakhmat, C., & Kusdiana, A. (2014). Analisis strukt ur pantun karya siswa kelas iv sdn nagarawangi 3 kota tasikmalaya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4732.
Dinaqi, A. A. N., Rakhmat, C., & Nugraha, F. (2019). Penerapan model pembelajaran think, pair and share terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di kelas V SD Negeri I Bojonggambir. 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Pedagogical Theory and Practice (WTPP 2019), 2(Snbk), 80–87.
Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. (2018). Pedoman Penguatan pendidikan karakter pada lembaga kursus dan pelatihan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
Faiz, A., & Purwati. (2021). Peran filsafat progresivisme dalam mengembangkan kemampuan calon pendidik di abad-21. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 131–135.
Faiz, A., Robby, S. K. I., Purwati, & Fadilla, R. N. (2021). Penanaman nilai-nilai religius pada orang tua siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5853–5858. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1794.
Febriandari, E. I. (2019). Penanaman nilai karakter gemar membaca berbasis pembiasaan dan keteladanan terhadap kemampuan berbahasa siswa sekolah dasar. Al-Mudarris: Journal of Education, 2(2), 212-223. DOI: https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i2.286
Julandi, G. I., & Suharningsih. (2018). Upaya sekolah menumbuhkan karakter gemar membaca siswa di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(3), 369–383.
Kemendikbud RI. (2019a). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk.
Kemendikbud RI. (2019b). Indeks aktivitas literasi membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2). http://repositori.kemdikbud.go.id/13034/1/Puslitjakdikbud_Ringkasan%20Indeks%20Alibaca%2034%20Provinsi.
Khomaeny, E. F. F., & Anisah, S. (2019). Kenalkan, senangkan, biarkan, dan biasakan (ksb2) sebagai upaya menanamkan karakter gemar membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 18–25. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v2i1p18-25.
Muhammad, G., Rahmat, M., & Ganeswara, G. M. (2020). Pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah kebudayaan melalui peraturan menteri. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 10–20. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26325.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen pendidikan karakter. Bekasi: Sinar Grafika Offset.
Pahlawan, A. Y., Priyansyah, R., & Mashuri, M. A. (2020). Penerapan kebijakan sistem pendidikan nasional dalam pembentukan mahasiswa berkarakter multikultural (kajian pada UPNVJT). Public Admnistration Journal of Research, 2(3), 327–335. DOI: https://doi.org/10.33005/paj.v2i3.60.
Saepudin, E., Damayani, N. A., & Komariah, N. (2020). Pembentukan karakter anak gemar membaca. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 42(2), 271–279. DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.467.
Sari, P. P. (2018). Penanaman nilai karakter gemar membaca. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), 205–217. DOI: https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2521.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.
Sutarno, N. S. (2006). Mengenal Perpustakaan. Jakarta: Jala Permata.
Ulfiah, N. N. (2014). Penanaman karakter gemar membaca. Studi kasus pengelolaan perpustakaan anak jalanan di kantor pencegahan. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yaniawati, P. (2020). Penelitian studi kepustakaan. In Penelitian Kepustakaan (Liberary Research) (Issue April, 15).
DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Karakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.
Jurnal Pendidikan Karakter Support by:
Jurnal Pendidikan Karakter indexed by: