KEARIFAN LOKAL BALI LUKISAN WAYANG KAMASAN DALAM MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini didasari atas permasalahan kurangnya media pembelajaran sebagai sumber belajar dalam menguatkan karakter profil pelajar Pancasila pada siswa di sekolah dasar. Lukisan wayang kamasan sebagai salah satu kearifan lokal di Provinsi Bali khususnya di Kabupaten Klungkung belum banyak digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran terkait dengan penguatan profil pelajar Pancasila yang sedang gencar-gencarnya diupayakan terkait dengan pelaksanaan kurikulum merdeka.Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan rancang bangun inovasi pembelajaran berbasis kearifan lokal lukisan wayang Kamasan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar di Kota Denpasar, 2) untuk mengetahui validitas inovasi pembelajaran berbasis kearifan lokal lukisan wayang Kamasan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar di Kota Denpasar, 3) untuk mengetahui efektivitas inovasi pembelajaran berbasis kearifan lokal lukisan wayang Kamasan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar di Kota Denpasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluate). Metode yang digunakan untuk menentukan subjek penelitian teknik quota random sampling dengan jumlah sekolah sebanyak 24 sekolah dasar di Kota Denpasar. Hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 92,19% (sangat baik), hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 90% (sangat baik), hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 96% (sangat baik). Hasil uji coba perorangan sebesar 89,88% (baik), hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93,85% (sangat baik), hasil uji coba lapangan sebesar 92,19% (sangat baik). Hasil uji efektivitas memperoleh nilai thitung = 43,352 sedangkan ttabel = 2,069. Dengan demikian, media pembelajaran berupa lukisan wayang kamasan efektif diterapkan dalam menguatkan profil pelajar Pancasila di SD.
Keywords
References
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan. 2(1): 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.
Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu. 5(4): 1766–1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014.
Handayani, A., W., R., Widiana, I., K., & Khairun, N. (2022). Keterampilan Guru dalam Menggunakan Variasi Pembelajaran di SDN 1 Sakra Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(4): 2152 – 2164.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam. 5(2): 211-225.
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4): 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815.
PERPRES Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pasal 1. Lembaran Negara RI tahun 2017 Nomor 195.
Sadwika, K., P., Widayanti, A., Sutarso, J., & Murtiyoso, S. (2022). Penggunaan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek. Brilliant. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 43-50. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2820.
Samiha, Y., T. (2020) Desain Pengembangan Bahan Ajar IPS MI Berbasis Kearifan Lokal. JIP Jurnal Ilmiah PGMI: 6(1): 107-121. https://doi.org/10.19109/jip.v6i1.5886.
Saraswati, D., L., Dendi, P., & Delia, A., P., (2019). Pemanfaatan Wayang dalam Media Pembelajaran. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 1(5): 2112-2125.
Siregar, Y., D., & Bahri, F., (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas V SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(4): 408-424. https://doi.org/10.2246/eduglobal.v1i4.1562.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sukatin, N., Sari, N., Hamidia, U., & Akhiri, K. (2023). Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 2(2): 38–44. https://doi.org/10.57251/hij.v2i2.783.
Yuniarti, A., Titin., Fanisa, S., Ita, R., & Sinta, R., (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. Journal Education and Technology. 4(2): 84-95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v15i2.77823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.
Jurnal Pendidikan Karakter Support by:
Jurnal Pendidikan Karakter indexed by: