Pembelajaran Berbasis ICT: Pelatihan Penggunaan Software GeoGebra Sebagai Strategi Efektif Peningkatan Profesionalitas Guru

Elfi Rahmadhani, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika STAIN Gajah Putih Takengon, Indonesia
Septia Wahyuni, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Tadris Matematika STAIN Gajah Putih Takengon, Indonesia

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran matematika berbasis ICT dengan mengenalkan dan menggunakan software Geogebra sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan profesionalitas guru. Kegiatan pengabdian ini bersifat pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan software Geogebra. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan diskusi tentang software Geogebra dan cara menggunakannya, kemudian dilanjutkan dengan latihan/praktek penggunaan software tersebut dan diakhiri dengan presentasi hasil karya para guru berupa media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil evaluasi dan diskusi dengan para peserta diketahui bahwa para guru senang dengan adanya pelatihan penggunaan software Geogebra tersebut, karena membantu mereka dalam menyampaikan materi geometri yang pada umumnya merupakan materi yang sulit bagi siswa. Menurut mereka, penggunaan software ini dapat mengakomodir siswa yang tidak mempunyai kemampuan spatial thinking yang bagus, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh seluruh siswa.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis ICT, Geogebra


Keywords


pembelajaran berbasis ICT, Geogebra

Full Text:

PDF

References


Bird, J. (2002). Matematika Dasar Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Edward, J.A & Jones, K. (2006). Linking Geometry and Algebra with GeoGebra. Mathematics Teaching, Incorporating MicroMath 194. Hal. 28-30

Fazar, I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Palembang

Iswadji, Djoko. (2001). Geometri Ruang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Juruasan Pendidikan matematika

Moeharti. (1986). Sistem-Sistem Geometri. Jakarta: Karunia Universitas Terbuka

Preiner, J. (2008). Introducing Dynamic Mathematics Software to Mathematics Teachers: the Case of GeoGebra. Disertasi. Mathematics Education, Faculty of Natural Science, University of Salzburg

Sipos, E.R. (2011). Teaching Geometry. Disertasi. Bolyai Institute, University of Szeged. http://www.math.u-szeged.hu/phd/dreposit/phdtheses/ripco-sipos-elvira_a2.pdf.

Zimmermann, W & Cunningham, S. (1991). Editors’ Introduction: What is Mathematical Visualization?. Dalam Zimmermann, W dan Cunningham, S. Visualization in Teaching and Learning Mathematics. Hal. 1-8. Washington DC: Mathematical Association of America




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo