Peningkatan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis dengan Syndicate Group

Juniati Juniati, SMP Negeri 3 Purworejo, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran syndicate group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis-Taggart yang terdiri dari 2 siklus penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXe SMP Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 24 siswa. Materi pokok: Listrik dinamis. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa belajar fisika meningkat dari siklus I sebesar 30% menjadi 70% pada siklus II, motivasi siswa meningkat dari 45% menjadi 80%. Hasil belajar meningkat dari 72,60 menjadi 80,67. Juga ada peningkatan jumlah anak yang mencapai ketuntasan belajar, dari 67% menjadi 92%.

Kata kunci: syndicate group, aktivitas, motivasi, hasil belajar, listrik dinamis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo